Review

Review Mi 11 Lite: Desain Menawan, Performa Bisa Diandalkan

Helmi Reinaldi
Share

Telset.id – Tahun ini Xiaomi percaya diri menghadirkan seluruh rangkaian Mi 11 ke Indonesia. Setelah Mi 11, kali ini giliran review Mi 11 Lite yang akan kami sajikan untuk Anda para pembaca setia.

Mi 11 Lite diposisikan di bawah Mi 11 dan Mi 11 Ultra. Meski berada di “kasta” terendah di antara model Mi 11 series lainnya, namun menurut kami smartphone besutan Xiaomi ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dalam artikel ini kami akan menyuguhkan impresi dan hasil pengujian kami pada Mi 11 Lite. Apakah smartphone ini layak beli? atau ada baiknya Anda melirik Mi 11 atau Mi 11 Ultra saja sekalian?

Baca Juga: Xiaomi Mi 11 Lite Review Cepat + Tes PUBG

Untuk Anda yang ingin memboyong smartphone satu ini, pastikan Anda terlebih dahulu menyimak review Mi 11 Lite selengkapnya di bawah ini. Enjoy!

Desain Mi 11 Lite

Xiaomi Mi 11 Lite

Review Mi 11 Lite kami mulai dari desain. Di sini sektor yang menurut kami menjadi keunggulan atau daya tarik pertama dari Mi 11 Lite. Dibanding Mi 11 atau Mi 11 Ultra, seri Mi 11 Lite menurut kami punya desain yang paling stylish dan eye catchy.

Tak heran jika pihak Xiaomi Indonesia menyebut smartphone ini sebagai perpaduan sempurna dari fashion dan teknologi.

Baca juga: Mi 11 Lite Resmi Masuk Indonesia, Intip Spesifikasi Lengkapnya

Mi 11 Lite juga dibalut dengan warna-warna yang terlihat manis, seperti Peach Pink yang kami review kali ini. Ada juga warna Buublegum Blue, atau Boba Black punya tampilan sedikit netral.

Peach Pink dan Bubblegum Blue sangat cocok untuk pengguna perempuan karena tampilannya yang cantik. Ditambah lagi bodinya yang ramping dan ringan, jadi paduan sempurna bagi kaum hawa.

Sebagai informasi, Mi 11 Lite diklaim sebagai smartphone paling tipis di Indonesia. Ketebalan bodinya hanya 6,81mm dengan bobot sekitar 157 gram saja.

Xiaomi Mi 11 Lite (Foto: Suryadjaya/Telset.id)

Perpaduan compact dan ringan kami rasakan ketika menggenggam Mi 11 Lite di tangan. Sensasi ini yang jarang ditemui di ponsel-ponsel masa kini.

Sayangnya, demi tampil ramping Mi 11 Lite harus rela mengorbankan fitur jack audio 3,5mm. Sehingga pada bagian bawah hanya ditemui port USB Type C, slot Dual SIM hybrid dan juga grill speaker.

Keputusan ini terbilang wajar, karena tidak memungkinkan untuk memaksakan adanya jack audio 3,5mm dengan bodi setipis ini.

Baca Juga: 10 HP Xiaomi Terbaru Juli 2021, Spek Makin Gahar, Bisa 5G

Sementara fitur pemindai sidik jari berada di sisi kanan, berpadu dengan tombol power. Sudah sering kali kami sebutkan jika kami kurang suka dengan peletakkan fitur fingerprint scanner di sisi samping ponsel.

Sebab, sering kali kami menyentuh bagian tersebut dan terbaca sebagai sebuah upaya untuk membuka kunci layar. Akhirnya mau tak mau Anda perlu memasukkan password cadangan seperti PIN atau pattern.

Selain menggunakan sidik jari, Anda juga bisa memilih untuk membuka kunci layar dengan memanfaatkan fitur Face Unlock. Menurut kami baik fingerprint scanner atau face unlock sama-sama bisa membuka kunci layar dengan relatif cepat.

Secara keseluruhan, desain Mi 11 Lite menjadi nilai plus. Cocok untuk Anda yang menginginkan smartphone dengan tampilan yang stylish, cantik dan juga elegan.

Kami merekomendasikan untuk penggunaan case tambahan, karena bodinya terasa licin ketika digenggam.

Layar Mi 11 Lite

Xiaomi Mi 11 Lite (Foto: Suryadjaya/Telset.id)

Tak cuma cantik dipandang dari belakang, kesan yang sama juga dirasakan saat melihatnya dari layar di bagian depan. Bezelnya terlihat begitu tipis berkat penggunaan punch hole.

Ditambah lagi, spesifikasi layarnya yang memang mumpuni untuk menyajikan beragam konten. Tersemat layar AMOLED 6,55 inci dan beresolusi Full HD+.

Terdapat fitur refresh rate 90Hz, yang memungkinkan transisi konten di layar jadi terlihat lebih smooth. Terutama ketika browsing, scrolling sosial media dan juga gaming pastinya.

Baca Juga: Harga Xiaomi Mi 11 Lite, Smartphone Tertipis di Indonesia

Untuk gaming perlu digarisbawahi, kadang tidak semua game bisa dimainkan dengan refresh rate 90Hz. Bukan karena ponsel tidak support, melainkan game yang tidak membuka opsi untuk refresh rate 90Hz.

Contohnya untuk Mi 11 Lite PUBG test, saat kami coba mainkan refresh rate-nya tertahan di 60Hz. Padahal pengaturan refresh rate layar sudah kami set di 90Hz.

Jika Anda ingin merasakan refresh rate yang optimal ketika bermain game, Anda bisa memainkan game-game yang memang sudah mendukung refresh rate 90Hz.

Durabilitas layarnya juga terjaga berkat penggunaan lapisan Corning Gorilla Glass 5. Anda tak perlu khawatir layarnya akan rentan gores karena sudah terlindungi dengan optimal.

Spesifikasi dan Performa Mi 11 Lite

Xiaomi Mi 11 Lite (Foto: Suryadjaya/Telset.id)

Mi 11 Lite diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 732G. Varian yang kami uji ini merupakan yang tertinggi dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Tersedia juga varian lain dengan RAM 6 GB dan pilihan memori internal 64 GB atau 128 GB. Jadi total ada tiga varian yang tersedia di pasaran.

Membahas sedikit mengenai chipset-nya, chipset dengan manufaktur 8nm ini menjalankan Kryo 470 di kecepatan 2.3 GHz dan GPU Adreno 618 yang memiliki performa 15% lebih bertenaga dibanding Snapdragon 730G.

Baca Juga: Snapdragon 732G Diumumkan, Ini Beragam Kemampuannya

Meski memiliki embel-embel “Lite” dibelakangnya, namun untuk urusan performa, Mi 11 Lite tidak bisa disepelekan.

Gambaran performanya bisa dilihat dari hasil pengujian di aplikasi AnTuTu Benchmark. Pada review Mi 11 Lite yang kami lakukan, smartphone ini mampu meraih skor sebesar 350.327 poin.

Dengan skor sebesar ini, berbagai tugas sehari-hari atau kebutuhan multitasking pastinya bisa diakomodir dengan sangat baik.

Sementara di pengujian melalui aplikasi PC Mark, Mi 11 Lite mampu meraih skor sebesar 8.650 poin. Hasil ini bahkan melewati catatan Vivo V21 5G yang kami uji dengan raihan 7051 poin saja.

Terakhir pengujian performa kali lakukan dengan menggunakan aplikasi 3D Benchmark. Ini perguna untuk melihat atau mengukur kemampuan grafik sebuah smartphone.

Untuk pengujian di mode Sling Shot, smartphone ini sukses meraih skor sebesar 3916. Sedangkan di mode Sling Shot Extreme skor yang berhasol dibukukan sebesar 2723 poin.

Demikian gambaran performanya berdasarkan angka. Tapi bagaimana dengan penggunaan sebenarnya?

Pada penggunaan sehari-hari dan multitasking antar aplikasi, kami sama sekali tak menemukan kendala. Berbagai simulasi penggunaan sehari-hari bisa dilakukan dengan sangat lancar.

Setali tiga uang untuk bermain game. Kinerja dari Snapdragon 732G bisa mengakomodir kebutuhan gaming dengan sangat memuaskan.

Saat kami memainkan game PUBG Mobile misalnya, kami bisa memainkan game ini dengan pengaturah grafik tertinggi yang bisa didapatkan. Pengaturan grafik HD dengan frame rate High.

99o9o9

Bermain game FPS juga makin maksimal berkat adanya dukungan sensor gyroscope yang sangat membantu untuk membidik lawan.

Masalah overheat yang kami temui di Mi 11 tidak kami rasakan di Mi 11 Lite. Bisa jadi karena penggunaan prosesor yang berbeda, sehingga suhunya bisa ditekan menjadi lebih stabil.

Selain itu  bisa jadi suhu yang stabil ini berkat adanya teknologi Liquid Cool untuk membantu menjaga suhu. Sehingga sesi game berjam-jam dapat dilakukan dengan lancar.

Baterai

Dikarenakan desainnya yang sangat ramping, Xiaomi tidak bisa menjejalkan baterai dengan kapasitas yang terlalu besar. Maka dari itu Mi 11 Lite hanya memiliki baterai dengan kapasitas 4.250 mAh.

Terkait ketahanan daya baterainya, saat kami tes dengan menggunakan mode battery life di aplikasi PC Mark, Mi 11 Lite mampu mendapatkan screen on time selama 12 jam 10 menit.

Sementara untuk durasi pengisiannya, kami cukup puas dengan kinerja dari teknologi fast charging 33W yang dibenamkan pada smartphone ini.

Pasalnya, untuk mengisi daya dari 3% sampai 100% hanya butuh waktu sekitar kurang dari satu jam saja. Cukup singkat bukan?!

Kamera

Keperluan mengabadikan berbagai momen, smartphone ini dibekali dengan tiga kamera di bagian belakang. Komposisinya terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 8 MP dan kamera makro 5 MP.

Berbicara mengenai hasil, kamera utamanya mampu menghasilkan gambar yang menurut kami tergolong memuaskan. Tidak “Lite” seperti nama smartphone ini.

Hasil yang memuaskan ini berlaku baik di kondisi cukup cahaya, atau minim cahaya sekalipun. Untuk kondisi minim cahaya, pengambilan gambar diperbantukan dengan adanya fitur Night Mode. Sehingga gambar bisa dibuat lebih terang dari yang seharusnya.

Jika Anda ingin sudut pandang yang lebih luas, tinggal beralih ke kamera ultrawide mode. Detail, kualitas warna, dan dynamic range-nya mungkin tak sebaik kamera utama, namun sudah cukup lumayan untuk dibagikan ke sosial media.

Mengenai kemampuan kamera makronya, lensanya sudah cukup baik mengunci fokus detail objek yang diambil dari jarak dekat. Hasilnya pun cukup bisa memamerkan detail dari objek yang dipotret dengan sangat baik.

Sementara untuk hasil foto selfienya, kami sama sekali tidak memiliki keluhan. Mode beautification bisa memberikan sentuhan yang alami, walaupun tetap bisa jika Anda ingin yang kurang begitu natural.

Berikut sejumlah hasil foto yang sempat kami abadikan saat review kamera Xiaomi Mi 11 Lite.

Hasil kamera Mi 11 Lite utama
Hasil Kamera 64 MP
Hasil Kamera Utama Outdoor
Hasil Kamera Outdoor Ultrawide
Hasil Kamera Utama Indoor
Hasil Foto Makro
Hasil Foto Makro
Hasil Foto Selfie

Kesimpulan

Xiaomi Mi 11 Lite (Foto: Suryadjaya/Telset.id)

Jika melihat embel-embel nama “Lite” pada sebuah smartphone, pastinya Anda sering mengernyitkan dahi. Tapi hal yang sama tidak berlaku pada smartphone ini.

Sebab meski mengemban nama “Lite” di belakangnya, nyatanya smartphone ini memiliki ciri khas tersendiri di antara Mi 11 series lainnya.

Paling utama dan paling kentara, tentu desainnya yang tidak hanya stylish dan elegan, tetapi juga ramping dan ringan yang membuatnya nyaman digenggam.

Ditambah lagi kinerja dapur pacu dan kameranya yang menurut kami memang sangat bisa diandalkan. Salah satu pilihan terbaik yang ada di segmen harganya.

Kelebihan

+ Desain stylish dan elegan

+ Bodi Tipis dan Ringan

+ Layar Super AMOLED Full HD+

+ Refresh Rate 90Hz

+ Performa bisa diandalkan

Kekurangan

– Tidak ada jack audio 3,5mm

– Kapasitas baterai tidak terlalu besar

SPESIFIKASI XIAOMI MI 11 LITE
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, MIUI 12.5
Chipset Qualcomm Snapdragon 732 (8 nm)
CPU Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 680 & 3×2.XX GHz Kryo 680 & 4×1.XX GHz Kryo 680
GPU Adreno
RAM 6 GB/ 8 GB
Storage 64 GB, 128 GB
Dimensi 160.5 x 75.7 x 6.8 mm
Layar 6,55” Flat AMOLED DotDisplay Full HD+
Kamera Utama 64 MP + 8 MP + 5 MP
Kamera Depan 16 MP
Baterai 4.250 mAh Fast Charging 33W
Warna Boba Black, Peach Pink dan Bubblegum Blue
Harga Rp 3.799.000, Rp 3.899.000, Rp 4.099.000

 

Leave a Comment