Review Samsung Galaxy Z Flip: Desain Futuristik, Performa Bagus

Kamera

Samsung tidak memberikan kamera dalam jumlah yang banyak pada Galaxy Z Flip. Hanya dua kamera utama dan satu kamera selfie. Walaupun kamera utamanya juga bisa digunakan untuk selfie lho.

Dual kamera utama terdiri dari Kamera 12 MP f/1.8 sebagai kamera utama, dan kamera 12 MP f/2.2 dengan kemampuan ultra-wide beserta LED Flash. Sementara untuk selfie, tersedia kamera beresolusi 10 MP dengan aperture f/2.4.

Meski jumlah kameranya tak sebanyak smartphone-smartphone kebanyakan saat ini, Galaxy Z Flip tetap menawarkan hasil jepretan yang jempolan.

Tersedia beragam aspek ratio foto yang bisa digunakan. Mulai dari 3:4, 9:16, 1:1, dan 9:22. Terselip juga fitur HDR dan foto dalam format RAW yang akan aktif jika Anda memotret dalam mode Pro.

Tidak seperti Galaxy S20 yang bisa melakukan zoom hingga 100x, Galaxy Z Flip hanya bisa melakukan zoom maksimal hingga 8x digital zoom. Terus gimana dengan hasil fotonya?

Mengingat label harganya yang selangit, kecil kemungkinan hasil jepretan foto Galaxy Z Flip bakal mengecewakan. Ditambah lagi dengan track record positif Samsung dalam menghadirkan kualitas kamera terbaik di lini smartphone flagshipnya.

{Baca Juga: Wew! Usai 108MP, Samsung Garap Sensor Kamera 150MP}

Sesuai dengan prediksi kami, hasil foto Galaxy Z Flip layak mendapat acungan jempol. Kamera mampu mengabadikan foto dengan warna yang cerah dan detail yang tetap terjaga.

Kelebihan lainnya, fitur HDR akan aktif secara otomatis apabila ponsel merasa scene foto tersebut membutuhkan sentuhan HDR.

Tentunya Galaxy Z Flip juga sudah disematkan fitur night mode yang bakal memudahkan Anda memotret di malam hari, atau saat kondisi sekitar kurang cahaya. Asyiknya, fitur akan langsung aktif saat ponsel mendeteksi kamera kekurangan cahaya saat mengabadikan gambar.

Berikut ini adalah beberapa hasil foto dengan menggunakan kamera utama Galaxy Z Flip:

Galaxy Z Flip

Untuk kebutuhan berselfie, tersedia kamera beresolusi 10 MP dengan aperture f/2.0. Kamera depan ini juga mendukung fitur Live Focus dan Live Focus Video untuk memberikan efek bokeh.

Mengenai hasilnya, skin tone dan warna yang dihasilkan cukup baik. Anda yang doyan berselfie, pasti sangat senang dengan hasil foto dari kamera milik Galaxy Z Flip ini.

Meski demikian, efek bokeh yang dihasilkan dari Live Focus menurut kami agak sedikit kurang rapih. Sempat ada bagian tubuh yang juga sedikit ikut terkena efek bokeh.

Terdapat sebuah fitur bernama Smart Selfie Angle. Fitur ini membuat kamera dapat beralih ke mode wide-angle secara otomatis saat terdeteksi ada dua orang dalam frame yang akan berselfie.

Berikut ini beberapa hasil selfie dengan menggunakan Galaxy Z Flip:

Harga Galaxy Z Flip

Tapi rasanya repot ya jika harus membuka smartphone lipat ini tiap kali ingin berselfie? Tenang, Samsung menyadari hal ini dan membuat Anda dapat tetap berselfie tanpa harus membuka smartphone.

Caranya adalah dengan memanfaatkan kamera utama dan layar kecil yang berada di bagian luar. Cukup menekan dua kali pada bagian tombol power, kamera akan langsung aktif dan gambar ditampilkan di layar kecil.

Anda juga bisa mengganti kamera ke wide angle, dengan cara melakukan tap satu kali di bagian layar kecil saat kamera sudah aktif. Selfie dengan cara ini tentu menghasilkan gambar yang lebih baik. Pasalnya kamera yang digunakan merupakan dual-camera utama yang dimiliki oleh Galaxy Z Flip.

Untuk kebutuhan merekam video, kamera utama Galaxy Z Flip sudah mampu menghasilkan video 4K 60fps. Tetapi lensa ultra-wide hanya mampu merekam video 30 fps pada resolusi 1080p dan 4K.

Guna menghasilkan gambar yang lebih stabil, Galaxy Z Flip sudah dibekali dengan fitur Super Steady Video dengan bantuan dari Optical Image Stabilization. 

Ada juga beberapa fitur kamera menarik yang bisa Anda coba di Galaxy Z Flip. Seperti AR Emoji misalnya, yang memungkinkan Anda membuat emoji personal dari wajah Anda. Tapi saat kami mencoba fitur ini, hasil jadi emoji tidak begitu mirip dengan foto aslinya. Nih, coba dibandingkan.

Harga Galaxy Z Flip

Samsung juga menyelipkan sebuah fitur bernama Motion photo. Fitur ini mirip dengan merekam video dengan durasi pendek. Fitur motion ini dapat memudahkan Anda mendapatkan dan memilih momen terbaik dari sebuah foto, serta juga bisa Anda manfaatkan untuk membuat gambar berformat GIF.

Fitur kamera yang tersedia cukup beragam. Menarik untuk pengguna mengeksplorasinya satu per satu.

 

Kesimpulan

Harga Galaxy Z Flip

Sebelumnya siapa yang menyangka jika sebuah layar sentuh smartphone bisa dilipat seperti sekarang ini? Tapi Samsung membuktikan bahwa kreatifitas dan inovasi bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa, seperti yang mereka sajikan melalui Galaxy Z Flip.

Konsumen mendapat suguhan smartphone dengan teknologi yang begitu inovatif serta futuristik. Juga belum banyak produk serupa yang tersedia di pasaran. 

Ditambah lagi, kami merasa jika Galaxy Z Flip telah disiapkan dengan jauh lebih matang dibandingkan dengan smartphone lipat pendahulunya, Galaxy Fold.

Secara inovasi dan desain, Galaxy Z Flip jelas menawarkan sesuatu yang berbeda melalui teknologi layar lipatnya. Tetapi terkait spesifikasi dan fitur, sebenarnya tak jauh beda dengan smartphone high-end lain pada umumnya.

{Baca Juga: eFUS 3.1 Buatan Samsung 2X Lebih Kencang dari Memori PC}

Jika spesifikasi dan fitur yang jadi pertimbangan, Anda mungkin bisa melirik Galaxy S20 series yang menawarkan spesifikasi dan fitur di atas Galaxy Z Flip, serta harga yang sedikit lebih terjangkau.

Sebagai informasi dan harga, Galaxy Z Flip resmi dijual di Indonesia dengan banderol harga Rp 21 jutaan. Sementara Galaxy S20 dijual mulai dari Rp 12,9 juta hingga Rp 18,4 juta.

Tetapi jika Anda ingin tampil beda sekaligus merasakan pengalaman baru dalam menggunakan smartphone lipat, Galaxy Z Flip layak Anda kedepankan.

Sedikit mengingatkan juga, jika Anda menganggap label harga yang diberikan Samsung pada Galaxy Z Flip ini terlampau mahal, mungkin berarti smartphone lipat satu ini memang belum cocok untuk Anda. (HR)

Kelebihan:

  • Layar lipat yang inovatif
  • Desain elegan dan premium
  • Banyak fitur khas smartphone lipat
  • Spesifikasi gahar
  • Kualitas kamera yang oke

Kekurangan

  • Pengisian daya cukup lama
  • Tidak ada jack audio 3,5 mm

TELSET RATING: 9/10

 

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY Z FLIP

Nama Produk Samsung Galaxy Z Flip
Layar 6.7 inci Foldable Dynamic AMOLED Foldable Dynamic AMOLED

Cover display: 1.1 inci, Super AMOLED, 112 x 300 pixels

SoC/Prosesor Qualcomm Snapdragon 855+ Octa-core (1×2.95 GHz Kryo 485 & 3×2.41 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)
RAM 8GB
GPU Adreno 640
Internal Storage 256GB UFS 3.0
Kamera Kamera utama 12 MP, f/1.8, 27mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, Dual Pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1.12µmKamera selfie 10 MP, f/2.4, 26mm (wide), 1.22µm
Baterai 3.300 mAh
Charger 15W Flash Charge
Konektifitas Nano-SIM, eSIM, 4G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Bluetooth 5.0
Sistem Operasi Android 10, Samsung One UI 2.1
Varian Warna Mirror Black dan Mirror Purple
Harga Rp 21.000.000

 

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -