BlackBerry Passport

gambar utama

Blackberry baru saja meluncurkan produk terbarunya, Blackberry Passport di Indonesia. Ponsel baru ini mengandalkan aplikasi Blackberry Hub dan Blackberry Blends yang memudahkan penggunanya untuk bekerja. Blackberry Passport dibandrol dengan harga yang cukup mahal ±RP 9.500.000. Seperti apa detail produk tersebut, ini ulasannya.

“desain yang anti Mainstream, seri BlackBerry kali ini dinamakan ‘Passport’? Jawabannya karena ukurannya sama persis dengan sebuah passport internasional?”

Design

Bentuk ponsel ini seperti bujur sangkar. Dan kalau di lihat lama-lama bentuknya sungguh konyol! Tapi sesuai namanya, passport, ketika kami bandingkan dengan passport asli ukurannya hampir sama. Ukuran yang tidak konvensional ini didukung dengan layar persegi 4,5 inci dengan rasio 1:1, tidak seperti ponsel pada umumnya. Betul-betul “Anti Mainstream”. Keyboardnya memiliki tombol fisik 3 baris dan tombol virtual seperti angka dan symbol berada di layar dengan bentuk virtual.

Overall, meski desainnya sedikit “konyol”, Passport tampil dengan desain yang premium. Bobotnya 194 gram dengan ketebalan 9,3 mm. Casis-nya  menggunakan material metal di seluruh tepian. Sedangkan material bodi belakang menggunakan plastik lembut yang nyaman di tangan.

Untuk sisi samping, terdapat tiga tombol fisik, digunakan untuk mengontrol volume, musik dan pemutar video. Buat penggunaan satu tangan jelas tidak nyaman, tapi untuk posisi mengetik dengan dua tangan, Passport cukup nyaman digunakan. Apalagi Passport hadir dengan tombol keyboard yang empuk.

Display

Passport memiliki layar persegi dengan resolusi 1400 x 1400 pixels dan kerapatan 453ppi. Resolusi yang cukup tinggi, jauh di atas spesifikasi iPhone 6 yang hanya memiliki resolusi 326 ppi.

Untuk melihat halaman web dan dokumen sangat jelas dan mudah dibaca. Ini bukan layar yang memiliki teknologi mentereng akan tetapi sangat terang, bahkan jika dilihat di luar ruang. Kontras dan warna yang kuat, sehingga tampilan foto dan video terlihat kaya dan hidup.

Ada beberapa penyesuaian pada tampilan dasar layar, Anda dapat mengatur saturasi dan white balance. Sementara untuk melidungi layar, Passport sudah menggunakan Gorilla Glass, lapisan pelindung yang terdapat juga di Moto G dan Samsung Galaxy S5.

layar

Interface

Blackberry baru saja memperbarui OS BB10. Semua jadi lebih mudah dengan Blackberry Hub yang mengkompilasi semua pemberitahuan dari berbagai email dan jejaring sosial.

Pada layar juga ada berbagai macam trik. Menggesekan ke kanan maka Anda dibawa ke layar aplikasi dan menggesekan ke kanan lagi maka Anda akan dibawa ke tata letak grid untuk shorcut aplikasi.

Keyboard

Di bawah layar persegi berukuran 4,5 inci terdapat deretan tombol papan ketik QWERTY. Keyboard yang mendukung input sentuhan layaknya touchscreen ini adalah salah satu fitur unik yang diunggulkan oleh BlackBerry Passport. Pengguna, misalnya, bisa melakukan scrolling laman dokumen atau situs internet dengan cara menyapukan jari ke atas dan ke bawah, juga samping kanan dan kiri- di deretan tombol.

Proses seleksi teks pun bisa dilakukan lewat keyboard. Cukup mengetuk (tap) sebanyak dua kali untuk memunculkan pointer, kemudian menyeleksi teks dengan gerakan yang sama seperti scrolling. tombol-tombol keyboard BlackBerry Passport yang berukuran besar dan lebar untuk ukuran smartphone mampu mengurangi kesalahan ketik.

Tapi Anda harus membiasakan diri lagi karena BlackBerry Passport membuat sedikit perubahan pada keyboard QWERTYnya. Pertama, keyboard fisiknya tidak memiliki tanda baca sama sekali; semua tanda baca ada di bagian layar. Lalu, tombol spasinya juga berada di antara bagian huruf, berbeda dengan seri sebelumnya dimana ada tanda baca pada keyboard fisik, dan tombol spasinya disematkan di bagian paling bawah, di antara tombol tanda baca itu.

20141222_132612

“Kami tidak suka menggunakan kata ‘inovatif’ untuk mendeskripsikan sesuatu, tapi kami akan menggunakannya untuk keyboard fisik BlackBerry Passport”

BlackBerry Blend

Pada kesempatan yang sama, BlackBerry juga memperkenalkan fitur terbarunya yakni BlackBerry Blend. Dengan ini, Anda bisa mengakses isi smartphone BlackBerry Anda di berbagai platform lainnya seperti iOS, Android, PC, dan Mac.

Untuk melakukannya, Anda harus mendownload aplikasi BlackBerry Blend pada masing-masing platform terlebih dahulu. Setelah selesai diinstall, Anda akan bisa membaca dan membalas isi pesan BBM melalui komputer misalnya, atau membuka dan mengatur jadwal pada BlackBerry di iPad. Semuanya terhubung melalui sambungan WiFi atau kabel USB.

Hardware

Secara estetika desain, banyak yang mengolok-olok bentuk kotak blackberry Passport. Akan tetapi Blackberry sangat antusias menempatkan hardware yang “bertenaga” untuk memperkuat Passport ini. Seperti prosesor 2,2GHz Qualcomm Snapdragon 801 dengan besar RAM 3GB.

Untuk kapasitas penyimpanan Passport memberikan ruang yang cukup luas 32GB dan Anda juga dapat menikmati tambahan memori eksternal up to 128GB.

Connectivity

Passport memiliki koneksi yang bisa dikatakan bijaksana, Anda akan melihat Bluetooth 4.0, NFC, WiFi dan LTE. Dalam hal nirkabel dan port microUSB tunggal, Blackberry juga  menyediakan adaptor SlimPort HDMI dalam paket pembelian yang berfungsi menghubungkan Passport ke motinor atau TV.

Di atas kertas, Passport “kekuatan” yang cukup untuk bisa bersaing dengan beberapa smartphone di luar sana. Punya fungsi multitasking yang tidak diragukan dan fitur gesture yang memudahkan pengoperasian. Semuanya berjalan sempurna dengan dukungan RAM 3 GB.

Camera

Blackberry telah melengkapi Passport dengan kamera menghadap ke belakang dengan resolusi 13MP. Lengkap dengan lampu flash LED dan beberapa fitur tambahan seperti Panorama, Burst Mode, dan Timer. Passport juga menyediakan beberapa pilihan ratio untuk foto seperti 16:9, 4:3 dan ratio 1:1.

Dengan resolusi yang besar, hasil foto Passport memang tidak mengecewakan. Kesan pertama yang ada dipikirkan terbukti nyata. Apalagi dengan adanya fitur HDR yang cocok untuk menangkap cahaya dan kontras dikala gelap.

Selain itu Passport membawa lensa dengan Optical Image Stabilization (OIS), yang dapat mempertajam hasil foto karena mengurangi goyangan, dan fitur ini juga yang ada pada Iphone 6 plus dan benar-benar membantu ketika mengambil gambar dengan cepat.

Video

Sedangkan untuk video, Passport memiliki dukungan resolusi Full HD 1080p. Dan Anda bisa merasakan resolusi 720p dari kamera depan yang notabanenya hanya memiliki sensor 2MP. Sedangkan untuk mengatur fokus Anda juga bisa menggunakan layar sentuhnya.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here