Wow! Di Negara Ini, Truk Sampah Sudah Autonomous

Truk sampah

Telset.id, Jakarta – Saat ini para perusahaan teknologi dan juga otomotif sedang gencar-gencarnya menggalakkan teknologi autonomous car atau mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa harus dikemudikan oleh manusia. Sebut saja seperti BMW, Tesla, Google, Volvo dan lainnya.

Namun rata-rata proyek autonomous car yang digarap biasanya dikhususkan untuk mobil jenis umum, seperti jenis sedan, city car, atau SUV. Namun berbeda dengan yang dilakukan oleh Volvo.

[Baca juga: 5G akan Ubah Otomotif ke “Level 5”]

Ya, selain fokus pada autonomous car yang umum digunakan orang, perusahaan otomotif asal Swedia ini juga menggarap mobil tanpa awak atau autonomous car untuk kebutuhan layanan masyarakat, yakni truk sampah.

Dilansir dari Geek.com, bekerja sama dengan perusahaan daur ulang Renova, Volvo kini sedang menguji coba truk sampah yang bisa berfungsi tanpa adanya pengemudi di dalamnya.

Proyek autonomous car yang sedang digarap tersebut ditujukan untuk membuktikan bagaimana teknologi serba otomatis itu bisa meningkatkan keselamatan lalu lintas, memperbaiki lingkungan pekerjaan dan menurunkan dampak pada lingkungan.

[Baca juga: Saingi Google, Apple Uji Coba Mobil Tanpa Pengemudi?]

“Teknologi self-driving yang disematkan pada truk merupakan yang pertama, dan satu dari beberapa inovasi otonom lainnya sedang kami kerjakan saat ini,” klaim Lars Stenqvist, Chief Technology Officer Volvo.

Jika dilihat secara sekilas, memang truk sampah berwarna kuning itu mirip seperti truk sampah pada umumnya. Yang membedakannya hanyalah adanya tempelan peringatan “Autonomous Refuse Truck” di bagian sampingnya.

Truk sampah itu sendiri saat ini baru menjalani tes di wilayah Kristineberg Mine, Swedia Utara. Tentang kapan pengujian di tempat lainnya serta kapan truk ini akan diluncurkan, Volvo masih belum memberikan informasinya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak videonya di bawah ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here