telset

Harapan Warganet di Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2021

Telset.id, Jakarta – Tanggal 28 Oktober 2021 diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Untuk merayakannya, warganet pun berbondong-bondong meramaikan lini masa Twitter, mengucapkan selamat serta mengutas harapan untuk hari bersejarah tersebut.  

Hari Sumpah Pemuda merupakan salah satu hari paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, di hari inilah, 93 tahun yang lalu, para pemuda dan pemudi Indonesia mengikrar janji untuk bersatu demi negeri. Hingga saat ini, Sumpah Pemuda menjadi momen penting untuk diperingati setiap tahunnya.

Berdasarkan pantauan tim Telset dari Trends24 pada Kamis (28/10/2021), kata kunci “Selamat Hari Sumpah Pemuda” trending topic di Twitter. Kata kunci tersebut, mengalahkan kata kunci dan tagar lainnya yang berkaitan dengan K-Pop, dan sepak bola. 

Selamat Hari Sumpah Pemuda

Baca juga: Tahun Baru Islam 1443 H, Warganet Harap Covid-19 Berakhir

Saat ditelusuri lebih lanjut, ternyata ucapan Sumpah Pemuda banyak dibarengi dengan harapan warganet untuk Indonesia. Misalnya akun @wulanparker yang berharap semoga masyarakat Indonesia tetap berjiwa muda, sehingga tidak mudah untuk menyerah. 

“Selamat Sumpah Pemuda. Semoga Selalu Berjiwa Muda. Tak Gentar dengan Segala yang Menghadang!,” jelas @wulanparker.

Lalu ada juga dari akun @HerryYu32954332 yang berharap semoga anak muda Indonesia, bisa lebih baik lagi demi membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Wahai Pemuda dan Pemudi masa depan,engkaulah generasi emas. Tunjukan kepada dunia, bahwa perubahan di masa depan untuk NKRI yg lebih baik dengan keberagamannya. Selamat Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 Semoga Lebih Baik Lagi Aamiin,” tutur @HerryYu32954332.

Tak berhenti, ada juga warganet yang mengajak para generasi milenial untuk menjadi lebih baik di momen Sumpah Pemuda ini.

“Semoga kita para pemuda pemudi dapat membuat negeri ini menjadi maju dan lebih baik lagi,” kata akun @teddieleo.

Terakhir ada juga ucapan dari akun @Indahpu84567662. Warganet yang satu ini berharap agar Indonesia bisa terbebas dari pandemi Covid-19. 

Baca juga: Sumpah Pemuda, Telkomsel Gelar Digital Creative Millennials

“Selamat memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021. Semoga negara ini bisa segera sembuh dari Covid,” harapnya.

Hari Sumpah Pemuda 

Peringatan Sumpah Pemuda berawal dari Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Lokasinya berpindah-pindah di sekitaran Jakarta tepatnya di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Gedung Oost-Java Bioscoop dan Gedung Indonesische Clubhuis Kramat atau Gedung Kramat Jakarta.

Dalam Kongres Pemuda II, banyak sekali organisasi yang hadir seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, Pemuda Kaum Betawi dan lain sebagainya.

"Selamat

Walaupun berbeda suku dan agama, para pemuda tersebut mau bersatu demi Indonesia. Sampai pada akhirnya di tanggal 28 Oktober 1928, mereka mendeklarasikan Sumpah Pemuda yang isi atau teksnya sebagai berikut.

  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yanng satu, bangsa Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Sejak saat itu setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda dan isi dari sumpah tersebut selalu diingat oleh seluruh masyarakat Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda sobat Telset. (NM/IF)

Berita sebelumyaOppo Reno7 5G
Berita berikutnyaOppo K9s

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0