Unik! Robot Pembuat Kopi Menjamu Delegasi WEF 2019

Telset.id, Jakarta – Revolusi robot dinilai telah dimulai saat ini, karena teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) itu mulai menggantikan pekerjaan yang dilakukan manusia. Setidaknya itu yang ingin disampaikan oleh ABB, perusahaan multinasional Swedia-Swiss yang beroperasi di bidang teknologi yang memamerkan robot pembuat kopi.

Teknologi buatan perusahaan yang bermarkas di Bergamo, Italia ini dipamerkan di ajang World Economic Forum (WEF) 2019, di Davos, Switzerland.

“Hai, saya ingin kopi, robot!,” kata seorang wanita peserta WEF di Davos, ketika dia tiba di Garden Lounge, di pusat kongres utama diselenggarakan.

{Baca juga: Sering Ganggu Tamu Hotel, Karyawan Robot Langsung Dipecat}

Di Garden Lounge, memang terdapat ruang untuk menikmati kopi. Ruangan ini didekorasi dengan perabot kayu putih dan berwarna terang, di mana para peserta berkumpul di antara sesi.

Pada sudut tempat pemesanan kopi, terdapat robot pembuat kopi bernama YuMi. Benoit Gerber, seorang manajer produk lokal ABB mengatakan kepada CNBC, seperti dikutup pada Senin (28/01/2019), bahwa YuMi berumur sekitar empat tahun, namun baru muncul di WEF untuk pertama kalinya.

Selama ini, YuMi telah digunakan di berbagai sektor dengan kemampuan presisi dan mobilitas lengannya. Gerber menyebutkan, selain mampu membuat kopi, YuMi juga mahir merakit ponsel, jam tangan dan juga produk dengan bahan kaca.

{Baca juga: Robot Rp 7 Jutaan Ini Bisa Bersihkan Toilet Sampai Kinclong}

“CEO kami menginginkan sesuatu yang menyenangkan,” kata Gerber saat ditanya mengapa robot itu digunakan untuk membuat kopi.

Dalam waktu kurang dari 90 detik, YuMi dapat mengoperasikan mesin kopi Nespresso untuk membuat secangkir kopi yang dipesan. Para delegasi WEF pun dibuat terpukau sekaligus sadar bahwa perubahan dan revolusi robot sudah dekat. (BA/FHP)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0