Tak Main-main, Ini Alasan Amazon Pecat Karyawannya

Telset.id, Jakarta – Pada September 2018,  beberapa penjual dilaporkan telah menyuap para karyawan Amazon untuk menghapus ulasan negatif di platformnya. Mereka juga disuap untuk mengambil secara ilegal data penjualan dan alamat e-mail pelanggan.

Laporan terbaru dari Financial Times, seperti dilansir The Verge dan dikutip oleh Telset.id pada Minggu (7/10/2018), baru-baru ini Amazon telah memecat seorang karyawan terkait kasus tersebut. Karyawan bersangkutan terbukti melakukan pelanggaran.

Berdasarkan informasi, karyawan itu telah memberikan alamat e-mail pelanggan kepada penjual. Amazon pun membenarkannya, menyebut bahwa sang karyawan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya karena membagikan e-mail pelanggan.

Baca juga: Film Gratis dan Saluran TV Bakal Jadi Produk Amazon Berikutnya

“Kami mendukung penegakan hukum. Kami sepakat mereka mendapat tuntutan. Para pelanggan yang terkena dampak telah kami beri tahu. Kami memastikan bahwa tidak ada informasi pelanggan lain yang bocor ke pihak luar,” tegas pihak Amazon.

Seorang pelanggan yang terkena dampak meneruskan e-mail yang diterima dari Amazon kepada The Verge. Isinya, karyawan tersebut telah diberhentikan. Amazon juga telah memblokir penjual yang terlibat dari “lapak dagang” di platform.

Laporan The Wall Street Journal mengungkapkan bahwa penjual pihak ketiga menggunakan perantara untuk kongkalikong dengan karyawan Amazon guna mendapatkan berbagai informasi penting supaya bisa unggul dari pesaing di platform.

Baca juga: Amazon Perbanyak Toko Tanpa Kasir di Amerika Serikat

Amazon menegaskan bahwa sekarang tim sedang melakukan penyelidikan intensif dan telah menempatkan sistem khusus untuk membatasi dan mengaudit apa saja yang bisa diakses oleh para karyawan. Amazon tak ingin kejadian serupa terulang. [SN/IF]

Sumber : The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here