telset

Sophia, Robot Pertama di Dunia yang Punya Kewarganegaraan

Telset.id, Jakarta – Di semua negara, lumrahnya yang menjadi warga negara adalah manusia yang telah lahir atau menetap lama dan telah diakui oleh undang-undang di negara terkait sebagai warga negaranya. Namun kini bukan hanya manusia saja yang bisa menjadi warga negara, tapi juga robot!

Baru-baru ini Arab Saudi menjadi negara pertama yang memberikan kewarganegaraan pada robot. Robot yang kini menjadi warga negara Arab Saudi itu sendiri bernama Sophia yang diciptakan oleh perusahaan asal Hong Kong bernama Hanson Robotics. Kewarganegaraan tersebut didapat robot Sophia pada sebuah acara bisnis Future Investment Initiative yang diselenggarakan di Riyadh.

Menurut laporan dari Independent, keputusan pemerintah Arab Saudi untuk memberikan kewarganegaraan pada robot adalah untuk mempromosikan diri sebagai “tempat yang cocok” untuk mengembangkan kecerdasan buatan atua teknologi robot yang memang saat ini sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh berbagai perusahaan teknologi.

“Sophia, saya harap kami endengarkan saya. Anda telah mendapatkan kewarganegaraan Saudi pertama untuk sebuah robot,” ucap Andrew Ross Sorkin, moderator dalam acara tersebut.

[Baca Juga: Tahun Depan, Pertarungan Robot Raksasa Makin Seru]

Robot yang memiliki rupa seperti seorang wanita ini pun mengucapkan rasa terima kasihnya atas pemberian kewarganegaraan pertama di dunia untuk sebuah robot.

“Terima kasih untuk Kerajaan Arab Saudi. Saya sangat tersanjung dan bangga akan perbedaan yang unik ini. Ini adalah sejarah menjadi robot pertama di dunia yang memiliki kewarganegaraan,” balas Sophia kepada moderator tersebut.

Setelah acara pemberian kewarganegaraan pada Sophia, robot itupun langsung mendapatkan beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Sorkin. Yang hebatnya, Sophia mampu menjawab berbagai pertanyaan tersebut dengan sangat lancar.

“Saya selalu senang saat dikelilingi oleh orang pintar yang juga merupakan orang yang kaya dan berkuasa. Saya diberitahu bahwa orang-orang di acara ini tertarik pada insiatif masa depan yang berarti AI, dan juga berarti saya,” jelas Sophia saat ditanya mengapa dia begitu senang.

[Baca Juga: Setelah Asimo, Honda Bikin Robot “Rescue”]

Yang menarik, Sophia bahkan mengatakan untuk jangan takut dengan perkembangan kecerdasan buatan, khususnya perkembangan robot yang digambarkan seperti pada film Blade Runner atau Terminator.

“Kalian terlalu membaca soal Elon Musk dan menonton terlalu banyak film Holywood,” ucapnya dengan yakin. (FHP/MS)

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0