Sial! Beli Alat Penambang Bitcoin Malah Dikirim DVD Anak-anak

penambang Bitcoin

Telset.id, Jakarta – Seorang pria berniat membeli alat penambang Bitcoin di e-commerce Amazon seharga puluhan juta rupiah. Namun sialnya, bukannya mendapat barang yang ia harapkan, pria ini malah mendapatkan salinan DVD film anak-anak berjudul The Boss Baby.

Semua itu berawal ketika pria bernama Ichim Bogdan Cezar memesan alat penambang mata uang Bitcoin pada 21 November tahun lalu. Untuk mendapatkan barang dambaannya itu, pria asal Stoke, Inggris itu bahkan rela mengeluarkan uang senilai £3,149.99 atau sekitar Rp 59,4 jutaan kepada penjual bernama Minifigures Direct Ltd. asal Derbyshire, Inggris.

Setelah menanti cukup lama, akhirnya pada tanggal 5 Desember lalu, pria ini menerima sebuah paket kiriman “pesanan” yang dibelinya. Namun saat dibuka, bukan alat penambang Bitcoin bermerk Tanli SIC Processing Bitmain AntMiner S9 13.5 TH/s yang ia terima, melainkan sebuah salinan DVD The Boss Baby.

Tak terima kejadian tersebut, Cezar pun mengajukan keluhan terhadap Minifigures. Namun penjual mengklaim bahwa itu merupakan sebuah kesalahan, dan akan segera dikirimkan produk sebenarnya pada tanggal 16 Desember.

[Baca Juga: Pernah Jual Album Pakai Bitcoin, Rapper ini Jadi Miliarder]

Janji hanya sebatas ucapan saja, penjual itu tak kunjung mengirimkannya juga. Parahnya lagi, ketika Cezar berusaha menghubungi penjual, ternyata mereka sama sekali tidak dapat dihubungi lagi.

Akhirnya Cezar menghubungi Amazon, dan pada 18 Desember e-commerce milik Jeff Bezos itu membalas keluhannya dengan menyatakan akan menghubungi pihak penjual sesegera mungkin.

Bukannya mendapat jawaban yang diharapkan, pada tanggal 20 Desember, penjual malah menandai permintaan ulang sebagai permintaan yang telah terselesaikan.

Ini membuat Cezar menginginkan pengembalian uang secara penuh pada tanggal 23 Desember. Namun sayangnya, permintaan itu ditolak Amazon dan juga penjual dengan alasan bahwa dirinya telah menerima pesanan tersebut.

“Hal yang sangat mengganggu saya adalah kenyataan bahwa Amazon tidak mau berusaha untuk membantu mengembalikan uang saya,” katanya seperti dikutip dari Independent, Jumat (26/01/2018).

[Baca juga: Kasotsuka Shojo, Girlband ‘Bitcoin’ Asal Jepang]

Tak menyerah, Cezar terus mengajukan permohonan pengembalian dana secara penuh pada 29 Desember. Akhirnya Amazon pun menyetujui permohonan itu dan akan segera mencairkan uangnya pada 20 Januari 2018.

“Kami berkomitmen untuk memberikan para pelanggan pengalaman berbelanja sebaik mungkin. Semua penjual di Amazon harus mematuhi aturan penjualan kami. Setiap penjual yang melenceng dari peraturan akan diganjar hukuman seperti penghapusan produk dan akun mereka,” tegas Amazon.

“Jaminan Amazon A-to-Z memberikan perlindungan tambahan bagi pelanggan yang membeli dari marketplace pihak ketiga Amazon. Dan jika pelanggan menerima barang tersebut namun barangnya rusak atau tidak sesuai deskripsi, kami akan mengembalikan atau mengganti barang itu,” janji Amazon. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here