Viral! Senam “Ampun Bang Jago” Saat Kudeta Myanmar

Telset.id, Jakarta – Sebuah video viral di media sosial. Video tersebut berisi penampilan seorang perempuan yang melakukan senam aerobik saat kudeta militer Myanmar terjadi pada Senin (01/02/2021) kemarin.

Video ini viral di media sosial khususnya Twitter saat mahasiswa ilmu politik Universitas Salamanca Spanyol Àngel Marrades mempostingnya melalui akun Twitter @VonKoutli pada Senin (01/02/2021).

Akun tersebut memposting video berdurasi hampir 2 menit yang isinya seorang perempuan sedang senam di depan gedung parlemen Myanmar. Diiringi lagu “Ampun Bang Jago” perempuan tersebut tetap fokus senam walaupun ada konvoi militer di belakangnya.

“Seorang wanita mengikuti kelas aerobiknya tanpa menyadari bahwa kudeta sedang terjadi di Myanmar. Dan kemudian dapat dilihat bagaimana konvoi militer tiba di parlemen,” cuit @VonKoutli.

Postingan video viral di Twitter. Buktinya hingga Rabu (03/02/2021) postingan tersebut berhasil mendapatkan 51,7 ribu retweet 22,8 ribu tweet kutipan, 218,4 ribu likes dan 55,2 ribu komentar dari warganet.

{Baca juga: Ampun Bang Jago Jadi Lagu Paling Viral di TikTok 2020}

Selanjutnya video senam “Ampun Bang Jago” juga diposting oleh wartawan AFP Yenni Kwok di Twitter @yennikwok pada Selasa (02/02/2021). Yenni juga menjelaskan bahwa muncul video seorang perempuan melakukan senam aerobik saat kudeta Myanmar.

Yenni menduga bahwa perempuan tersebut tidak sadar jika di belakang ada rombongan militer yang masuk ke parlemen.

“Sebuah video viral tentang seorang wanita yang sedang berlatih senam aerobik sambil mendengarkan lagu hit Indonesia “Ampun Bang Jago” di Myanmar, tampaknya tanpa disadari oleh konvoi militer yang tiba di parlemen di belakangnya dan terjadi kudeta militer,” tulis @yennikwok.

Video senam “Ampun Bang Jago” pun akhirnya viral di media sosial. Banyak warganet yang berkomentar mengenai video tersebut. Misalnya saja @thejordanader yang memuji gerakan senam perempuan tersebut dan jalan raya di Myanmar.

“Saya tidak bisa berhenti menonton tariannya. Dia luar biasa! Juga, jalan raya itu mungkin yang terluas yang pernah saya lihat,” puji @thejordanader.

Selanjutnya ada juga akun @Imanebenalii yang menilai bahwa video senam “Ampun Bang Jago” secara tidak langsung menggambarkan situasi politik di negara yang berjuluk “Negeri Seribu Pagoda” tersebut.

“Atau tentunya dia ingin memberi tahu kami apa yang terjadi … yah, lihat, dia telah mencapainya,” jelas @Imanebenalii.

Selain dari luar negeri warganet Indonesia juga berkomentar mengenai video senam “Ampun Bang Jago”. Misalnya saja akun @theebons yang berkomentar di postingan @yennikwok.

Akun @theebons merasa bangga karena lagu “Ampun Bang Jago” dari penyanyi asal Manado Tian Storm dan Ever Slkr digemari oleh masyarakat Myanmar.

“Lagunya ciptaan org manado,pake bahasa asli manado..sampai viral di Myanmar..so proud,” ucap @theboons.

Terakhir ada juga akun @elinnurmalina yang mempertanyakan apakah video tersebut asli atau rekayasa.

{Baca juga: Facebook Terus Deteksi Ujaran Kebencian Jelang Pemilu Myanmar}

“Entah mana yang lebih mencengangkan, kudeta militer, fokus perempuan pada kelas dansanya tanpa menyadari perubahan sejarah di belakangnya, atau ‘Ampun Bang Jago’ sebagai soundtrack kudeta. Apakah ini video asli?,” tanyanya.

Tidak Tahu Ada Kudeta

Ketenaran video senam “Ampun Bang Jago” membuat perempuan di video buka suara. Perempuan yang diketahui bernama Daw Khine Hnin Wai memberikan klarifikasi melalui laman Facebook miliknya pada Selasa (03/02/2021) kemarin.

Khine Hnin Wai yang merupakan guru fisika tersebut mengaku bahwa dirinya rutin merekam kegiatan aerobik di depan gedung parlemen di Naypyitaw, Myanmar. Hampir 11 bulan dirinya rutin merekam video senam karena mengikuti sebuah kompetisi senam.

“Saya selalu pergi ke sini untuk kompetisi Fitness Dance sejak 11 bulan terakhir. Saya memposting video di bawah ini,” kata Khine Hnin Wai.

Selanjutnya pada Senin (01/02/2021) Hnin Wai menjelaskan bahwa dirinya tidak mengetahui adanya kudeta militer sehingga dirinya tetap menjalani rutinitas melakukan senam.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru 2021}

“Naypyitaw berarti selalu ada jalur dewasa dan saya joget terus. Saya mempostingnya karena saya tidak berpikir itu (kudeta) akan terjadi,” sambungnya.

Menurutnya, senam “Ampun Bang Jago” yang dilakukannya tidak bermaksud menyindiri siapapun. Pagi itu Hnin hanya ingin senam saja di depan gedung parlemen.

“Saya tidak menari ke organisasi apa pun dengan lelucon. Saya tidak menari karena saya ingin menjadi celelly,” tutupnya.

Senam Ampun Bang Jago

Sekedar informasi kudeta militer terjadi di Myanmar pada Senin (01/02/2021) pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dan politisi Partai National League for Democracy (NLD) ditangkap. Setelah itu militer mengumumkan keadaan darurat selama satu tahun. [NM/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -