Awas! WhatsApp GB Tidak Aman, Bisa Diblokir Permanen

WA GB WhatsApp

Telset.id, Jakarta – WA GB atau WhatsApp GB menjadi perbincangan netizen , bahkan menjadi trending topic Twitter. Banyak yang bertanya-tanya, apakah WA GB aman dipakai atau tidak ya?

Seperti diketahui, Netizen heboh membicarakan WhatApp GB atau WA GB. Aplikasi yang mirip WhatsApp tersebut ramai dibicarakan karena warganet ragu dengan keamanan privasi data aplikasi tersebut.

Berdasarkan pantauan tim Telset dari Twitter awal perbincangan bermula dari postingan akun Twitter @subtanyarl pada Senin (01/02/2021). Akun tersebut memposting skomentar warganet di Tik Tok perihal video mereka tentang keamanan aplikasi WhatsApp GB.

Di TikTok banyak warganet yang tidak setuju pendapat akun @subtanyarl. Misalnya akun @unyukk yang mengaku sebagai pengguna aplikasi dan menilai kalau aplikasi ini cukup aman.

Meski terjadi perdebatan pro dan kontra di antara para netizen soal keamanannya, namun harus diakui WA GB menjadi aplikasi WhatsApp MOD APK paling populer saat ini.

Pihak gbapps.net sendiri telah membantah aplikasi buatannya tidak aman, dan menjamin aplikasinya aman dan tidak akan diblokir WhatsApp resmi.

{Baca juga: Netizen Heboh Bicarakan WhatsApp GB, Ini Penyebabnya}

“Pengembang memodifikasi WhatsApp resmi untuk menambahkan beberapa fitur menarik. Ini memiliki privasi tambahan yang tersedia di dalamnya, dan tidak perlu membayar apa pun untuk menggunakan mod ini,” tulis keterangan gbapps.net di situs resminya.

Sepintas fitur-fitur di WA GB memang lebih beragam dan menarik dibandingkan WhatsApp versi resmi. Lalu kenapa WhatsApp GB disebut-sebut tidak aman?

Keamanan WA GB Diragukan 

WA GB WhatsApp

Perlu diketahui bahwa WA GB dan aplikasi APK MOD sejenisnya dianggap oleh WhatsApp telah melanggar Terms of Service WhatsApp dan tidak memiliki dukungan resmi dari WhatsApp, yang membuat kebijakan keamanannya tidak bisa divalidasi.

Selain itu, WA GB dan aplikasi MOD sejenisnya hanya bisa diunduh lewat situs pihak ketiga yang tidak resmi dan tidak diketahui dari asalnya. Jadi, aplikasi WA GB dan WhatsApp MOD lainya tidak ada di Play Store, membuatnya tidak didukung oleh Google Play Protect, sehingga sangat berisiko disusupi malware.

Hal itu dibenerkan oleh pengamat keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya. Menurutnya, aplikasi ini tidak resmi sehingga keamanan aplikasi “kembaran” WhatsApp ini sangat diragukan.

“WA mod/GB ini adalah wa tidak resmi dan tidak bisa didapatkan di app store dan harus diinstal dari apk tidak resmi jadi tidak terjamin keamanannya,” kata Alfons kepada Tim Telset pada Selasa (02/02/2021).

Lebih lanjut WA GB juga dinilai menyalahgunakan aplikasi WhatsApp sehingga WhatsApp melarang penggunanya yang menggunakan WA GB dengan ancaman pemblokiran akun.

“Prinsipnya juga menyalahgunakan aplikasi WhatsApp dan malah dilarang oleh WhatsApp dan penggunanya terancam diblokir,” ujar Alfons.

{Baca juga: Cara Impor Chat dari WhatsApp ke Telegram, Bisa di Android atau iOS}

Alfons mengakui jika aplikasi WA GB memiliki banyak fitur menarik yang tidak di WhatsApp namun pengguna harus berpikir ulang karena keamanan aplikasi tidak terjamin dibandingkan WhatsApp.

“Soal privasi memang menjadi salah satu ancaman meskipun wa mod ini memiliki segudang fitur menarik dibandingkan WhatsApp. Tapi yah, kurang terjamin keamanannya,” sambung Alfons.

Akun Bisa Diblokir Permanen

Pihak WhatsApp telah memberikan peringatan kepada penggunanya untuk tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga atau third party seperti GBWhatsApp, WhatsApp Plus, dan YOWhatsApp yang sudah populer di kalangan penggguna.

WhatsApp sendiri sudah memberikan peringatan tegas kepada para penggunanya untuk tidak menggunakan WA GB dkk. Dalam keterangannya, pihak WhatsApp mengatakan akun Anda dapat diblokir kalau tetap “ngeyel” menggunakan aplikasi MOD.

“Jika Anda tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara, akun Anda mungkin akan diblokir menggunakan WhatsApp secara permanen,” tulis keterangan resmi WhatsApp dalam blog resminya, yang dikutip Telset, Rabu (3/2/2021).

Jika Anda tidak ingin akun Anda dihapus, WhatsApp meminta penggunanya tidak lagi menggunakan WA GB dan segera menginstall dan menggunakan aplikasi resminya. Tapi sebelum uninstall, Anda disarankan untuk mencadangkan dan memindahkan story chat Anda ke aplikasi resmi.

{Baca juga: 20 WhatsApp MOD APK, Download Versi Terbaru 2021}

Sebab, jika tidak dicadangkan, semua chat Anda akan langsung hilang. Tapi WhatsApp sendiri tidak bisa menjamin proses pemindahan riwayat chat ini akan bisa berhasil sepenuhnya, karena WhatsApp tidak mendukung aplikasi tidak resmi.

“Jika Anda menerima pesan dalam aplikasi yang menyatakan bahwa akun Anda “Diblokir sementara” ini berarti Anda mungkin menggunakan versi WhatsApp yang tidak didukung dan bukan aplikasi WhatsApp resmi. Jika ini penyebabnya, Anda harus mengunduh aplikasi resmi untuk terus menggunakan WhatsApp,” tulis WhatsApp.

“Aplikasi yang tidak didukung, seperti WhatsApp Plus dan GB WhatsApp, adalah versi WhatsApp yang telah diubah. Aplikasi tidak resmi ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar Ketentuan Layanan kami. WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya,” sambung WhatsApp.

Cara memindahkan chat dari WA GB ke WhatsApp resmi

Ilustrasi WhatsApp (Foto: Istimewa)

Untuk memindahkan riwayat chat di WA GB ke WhatsApp resmi, Anda bisa ikut langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Tunggu sampai blokir sementara akun WhatsApp Anda berakhir. Anda akan bisa melihat penunjuk waktu yang memperlihatkan jangka waktu pemblokiran
  • Jika waktu pemblokiran akun Anda berakhir, silahkan masuk ke aplikasi GB WhatsApp, kemudian ketuk Opsi lainnya > Chat > Cadangan chat
  • Setelah itu Buka Setelan Telepon > ketuk Penyimpanan > File
  • Cari folder GB WhatsApp kemudian ketuk dan tahan untuk memilih folder tersebut.
  • Lihat ke sudut kanan atas, kemudian ketuk Lainnya > Ubah nama dan ubah nama folder menjadi “WhatsApp”.
  • Buka Play Store dan unduh aplikasi WhatsApp resmi.
  • Setelah mangunduh aplikasi WhatsApp resmi, seperti biasa Anda akan diminta verifikasi nomor telepon Anda.
  • Kemudian jika sudah selesai proses verifikasi nompr, pada layar Pencadangan, ketuk Pulihkan > dan klik > Berikutnya.
  • Proses selesai dan WhatsApp akan dimuat dengan riwayat chat yang Sudah ada.

Well, itulah tadi bahayanya jika Anda menggunakan aplikasi WA GB atau WhatsApp GB. Saran kami sebaiknya pakai aplikasi yang resmi, karena lebih terjamin keamanannya dan akun Anda tidak bakal diblokir permanen. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here