Warganet Rayakan Hari Santri Nasional 2020 di Twitter

Telset.id, Jakarta – Tepat hari ini (22/10/2020), bertepatan dengan Hari Santri Nasional. Peringatan tersebut ditetapkan lewat Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Keppres tersebut ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 15 Oktober. Hari Santri Nasional diperingati untuk menghargai peranan para santri dalam melawan Belanda saat agresi militer kedua.

Salah satu momen penting yang melandasi pencanangan peringatan ini adalah saat KH Hasyim Asy’ari mendeklarasikan resolusi jihad yang mewajibkan seluruh umat Islam melawan penjajah.

{Baca juga: Hari Batik Nasional, Netizen Pamer Pakai Baju Batik}

Hari Santri Nasional yang sudah diperingati sebanyak 5 kali ini pun dirayakan oleh para warganet Indonesia. Mereka bersama-sama merayakannya hingga trending topic di Twitter.

Berdasarkan pantauan Telset.id dari Trends24 pada Kamis (22/10/2020), topik mengenai “Selamat Hari Santri Nasional” menempati posisi ketiga topik pembicaraan paling populer di Twitter.

Selamat Hari Santri Nasional

Akun @ripin91 misalnya. Ia menjelaskan kalau peringatan ini berdasarkan resolusi jihad KH Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober pada 75 tahun yang lalu.

{Baca juga: Live dengan Rambut Cepol, Jungkook BTS Jadi Trending Topic}

“Teringat resolusi jihad KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945, Merah-Putih mengalir di dalam darah serta denyut nadi ulama dan santri untuk mempertahankan kemerdekaan negeri ini, dan tak mau dijajah lagi,” cuitnya.

Ada juga warganet yang berpendapat bahwa santri merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki kemampuan agama dan intelektual yang baik.

“Santri adalah generasi penerus bangsa yang tidak hanya agamis tapi intelek. Bangsa yang besar di belakangnya ada santri yang selalu berdoa dan berusaha,” ujar @Juna_asgar.

Banyak warganet yang berharap para santri di Indonesia bisa menjadi generasi muda yang memiliki akhlak yang baik sehingga berguna bagi kemajuan Indonesia.

“Teruslah menjadi generasi muda yang berakhlak,” kata @sonysubrata.

Ada pula warganet yang mengunggah foto saat sedang mengikuti kirab Hari Santri Nasional di Yogyakarta.

“Santri Sehat Indonesia Kuat. *foto tahun lalu pas kirab HSN di Altar,” cuit @Kamilarahma21. 

(NM/MF)

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0