Warganet Peringati Hari Pahlawan Nasional, Trending di Twitter

Selamat Hari Pahlawan Nasional
Selamat Hari Pahlawan ramai diucapkan warganet (Tribunnews.com)

Telset.id, Jakarta – Hari ini (10/11/2020), bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional. Masyarakat pun ramai-ramai mengenang jasa para pahlawan Indonesia di media sosial hingga menjadi trending topic Twitter.

Hari Pahlawan Nasional diperingati setiap tanggal 10 November. Peringatan ini mengenang peristiwa Pertempuran Surabaya yang terjadi pada 10 November 1945.

Saat itu, terjadi pertempuran besar antara masyarakat dan tentara Indonesia dengan pasukan Inggris, Belanda, dan India. 

Pertempuran ini bermula dari peristiwa baku tembak yang menewaskan Brigadir Jenderal Mallaby pada 30 Oktober 1945. 

Pasukan Inggris pun langsung mengeluarkan ultimatum kepada pasukan Indonesia dan masyarakat Surabaya untuk menyerahkan senjata mereka paling lambat tanggal 10 November 1945 pukul 06.00 WIB. 

{Baca juga: Hari Sumpah Pemuda, Warganet: Jadilah Pemuda yang Cerdas}

Pasukan yang dipimpin oleh Mayor Jenderal Robert Mansergh mengancam akan melancarkan serangan ke Surabaya. Namun, ultimatum tersebut membuat masyarakat dan tentara Indonesia bergeming.

Mereka justru siap bertempur dan muncul semboyan “Merdeka atau Mati” yang membakar semangat mereka. Pada tanggal 10 November 1945, pertempuran pun pecah dan memakan banyak korban. 

Setidaknya 6.000 sampai 16.000 pejuang dari pihak Indonesia gugur dan sekitar 600 sampai 2.000 tentara Britania Raya, Belanda, dan India meninggal dunia. Sedikitnya 200.000 rakyat sipil mengungsi dari Surabaya. 

Peristiwa tersebut menjadikan tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional. Penetapan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Hari Pahlawan Nasional Trending Topic

Hari Pahlawan Nasional selalu menjadi perbincangan warganet hingga menjadi trending topic. Berdasarkan pantauan tim Telset dari Trends24 pada Selasa (10/11/2020), kata kunci “Selamat Hari Pahlawan” berada di posisi puncak trending hari ini.

Selamat Hari Pahlawan Nasional

Mayoritas warganet mengenang jasa pahlawan dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena telah mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Selamat Hari Pahlawan..Bangsa yg Besar adalah Bangsa yang selalu menghargai jasa para Pahlawan nya ( Ir. Soekarno ),” kata akun @_daRNo. 

Banyak juga warganet yang mengajak masyarakat untuk memberikan doa kepada para pejuang yang telah gugur di medan perang

“AL-FATIHAH Untuk Semua Pahlawan Bangsa Yang Telah Gugur Demi Tegak Dan Berdirinya NKRI..,” cuit @Istanapasir2. 

Warganet dengan akun @FireBirdFeniks misalnya, mengajak masyarakat Indonesia mengisi momentum peringatan Hari Pahlawan Nasional untuk memberikan kontribusi maksimal bagi Tanah Air. 

{Baca juga: Hari Dokter Nasional, Warganet: Terima Kasih Dokter!}

“Sudah seharusnya menjadi kesadaran bagi setiap insan Indonesia untuk berkontribusi bagi negara dan mengisi kemerdekaan melalui karya nyata, untuk mewujudkan cita² & tujuan bangsa Indonesia,” ucapnya. 

(NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here