NGEHITS

Sarat Teknologi, 5 Restoran Ini Bakal Bikin Mulut Menganga!

Ida Farida
Share

Telset.id – Liburan atau traveling tidak akan pernah lengkap tanpa mencicipi kuliner setempat. Apalagi jika itu dilakukan bersamaan dengan libur Lebaran. Selalu ada saja makanan yang dicari dan ingin dicicipi. Entah itu sekedar menuntaskan rasa lapar akibat melanglang seharian atau bahkan balas dendam setelah sebulan berpuasa.

Apapun itu, makan selalu menjadi kegiatan yang tak terhindarkan. Apalagi para traveler, yang cenderung tak pernah merasa puas sebelum mengeksplor banyak hal dari tempat yang dikunjunginya. Mulai dari pemandangan, budaya, pusat hiburan, makanan, minuman, hingga bahkan tempat dari mana makanan itu berasal, alias restoran.

Nah, beberapa negara ini punya restoran yang ngga cuma akan membuat perut para traveler terpuaskan, tetapi juga bergejolak menahan kagum. Bukan lantaran rasanya yang super nikmat, melainkan teknologi yang diusungnya.

1. Dalu Robot Restaurant, Jinan, China

Restoran ini memiliki enam robot (android) yang telah dirancang untuk menunggu pengunjung. Robot memberikan makanan dengan mengendarai sepeda yang dipasang di sepanjang jalur yang melewati restoran. Dalu Robot juga menggunakan android untuk menyambut pengunjung sebagai hostes. Teknologi ini diciptakan oleh Perusahaan Sains dan Teknologi Shandong Dalu.

2. Hajime Robot Restaurant, Bangkok

Mirip dengan Dalu Robot Restaurant, Hajime juga menggunakan robot sebagai pelayannya. Di sini pengunjung duduk menghadap sebuah kaca di mana robot bergerak bolak-balik di treknya dan melayani pelanggan melalui jendela.

Baca juga: Wow! Robot Bernama Atlas Ini Jago Koprol

Restoran ini menawarkan hampir 100 menu hidangan asli Jepang dan “server” (yang bertugas untuk menyajikan) dirancang untuk membuat gerakan dan ekspresi, dan bahkan bisa menari mengikuti musik. Di bagian dapur, Hajime memiliki dua robot untuk membantu menyiapkan makanan.

3. ‘s Baggers, Nuremberg, Jerman

Konsep dibalik restoran inovatif ini adalah otomatisasi, dan hampir semuanya (kecuali untuk koki yang memasak makanan) sesuai dengan konsep itu. Meja-meja di restoran ini didesain melekat pada rel logam yang terhubung ke dapur di lantai atas, dan makanan dan minuman dikirimkan melalui rel.

Pelanggan memesan melalui tablet layar sentuh yang ada di meja; sistem ini juga berkomunikasi dengan staf dapur dan pengunjung untuk memberikan perkiraan waktu pengiriman, alias kapan makanan bisa dinikmati.

4. 4Food, New York

Outlet makanan cepat saji yang sadar kesehatan ini menggunakan teknologi iPad untuk memandu pelanggan melalui proses pemesanan. Mereka mulai dengan patty burger, yang berbentuk seperti donat dan datang dalam tujuh varietas, kemudian scoop – tambalan yang masuk di tengah patty – kemudian topping dan roti.

Baca juga: Restoran Ini Bisa Dibayar Hanya dengan ‘Senyuman’

Sistem pemesanan iPad dimaksudkan untuk membuat keputusan lebih mudah bagi pelanggan. Restoran 4Food ini juga dilengkapi dengan papan pintar besar yang merekam interaksi media sosial, seperti check-in Foursquare dan Facebook likes.

5. Inamo Restaurant, London

Restoran yang terletak di lingkungan SoHo London ini menampilkan teknologi mutakhir di setiap meja-meja virtualnya. Pengunjung dapat mengontrol setiap langkah makanan mereka, menggunakan meja layar sentuh interaktif.

Saat Anda siap memesan, foto-foto hidangan di menu diproyeksikan ke layar, dan setelah Anda menempatkan pesanan makanan dan minuman, Anda dapat bermain game atau bahkan menyaksikan koki menyiapkan makanan melalui webcam. Ketika tiba saatnya untuk pulang ke rumah, pelanggan dapat membayar melalui meja dan bahkan dapat memesan taksi untuk mengantar mereka pulang. [IF/HBS]

Leave a Comment
Ida Farida