Restoran Pizza di Spanyol Pakai Aplikasi Pelayan Virtual

pelayan virtual pizza

Telset.id, Jakarta  – Sebuah restoran pizza di pantai timur laut Spanyol memelopori pengalaman bersantap dengan layanan via pelayan virtual. Dengan begitu, pelanggan bisa menghindari kontak langsung.

Pelanggan di Funky Pizza, Palafrugell di Costa Brava yang populer di kalangan turis, dapat memilih, memesan, dan membayar menu melalui aplikasi Funky Pay di smartphone. Aplikasi terintegrasi ke sistem.

{Baca juga: Bikin Pizza Pakai Teknologi AI, Gimana Jadinya?}

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Rabu (5/8/2020), seorang pelayan memang membawa pesanan ke meja. Namun, selebihnya, pelanggan berinteraksi secara virtual via smartphone.

“Melalui sistem ini, kami telah mencoba menjaga jarak fisik dengan klien. Cara tersebut sekarang sudah menjadi kebiasaan orang-orang di tengah pandemi Covid-19,” kata pemilik restoran, Carlos Manich.

Restoran memang beradaptasi dengan aturan jarak sosial dengan menjadi layanan meja. Pengelola mengingatkan supaya pelanggan harus memakai masker setiap saat, bahkan termasuk berada di depan meja.

“Aplikasi Funky Pay sangat user-friendly. Pelanggan dapat melacak pesanan, melihat kapan menu ada di dapur atau kapan akan disajikan,” papar Claudia Medina (26), pelanggan yang sedang makan di restoran.

Meski demikian, beberapa pelanggan tidak setuju. “Saya pikir kita kehilangan perasaan dengan pelayan. Anda tidak dapat bertanya tentang preferensi atau lainnya,” kata pelanggan lain, Javier Comas (26).

Sebelumnya, sebuah gerai pizza di Arizona sedang menguji bentuk baru jarak sosial di tengah wabah virus corona. Di saat ada aturan social distancing, restoran ini memilih antar pizza pakai robot ke rumah-rumah pelanggan.

{Baca juga: Lagi Social Distancing, Restoran Ini Antar Pizza Pakai Robot}

Gerai tersebut bekerja sama dengan Starship Technologies untuk menghadirkan masa depan pengiriman pizza. Hebatnya, mereka antar pizza pakai robot yang mampu melakukan pengiriman dalam radius setengah mil.

“Kami memiliki petugas pengantar sendiri, pengantar dari pihak ketiga, maupun pengantar berupa robot. Kami memiliki semuanya selama pandemi virus corona,” kata manajer restoran itu, Renny Mitchell.

Menurut New York Post, sebuah video yang diunggah ke halaman Facebook restoran menunjukkan robot sedang beraksi dengan sebuah kotak terisolasi di atas roda. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here