Komputer Apple-1 Bertanda Tangan Steve Wozniak Dilelang Rp 7 Miliar

Telset.id – Komputer Apple-1 keluaran 1976 yang masih berfungsi normal dan ditandatangani Steve Wozniak. Apple-1 Steve Wozniak itu diperkirakan bakal laku seharga USD 485 ribu atau sekitar Rp 7 miliar.

Memang sudah banyak lelang komputer Apple-1 dan laku dengan banderol tinggi. Namun, lelang Apple-1 Steve Wozniak milik Jimmy Grewal, pendiri museum pribadi Koleksi APPL, itu istimewa.

Laporan Apple Insider, CPU komputer Apple-1 telah ditandatangani oleh Steve Wozniak. Asal tahu saja, Steve Wozniak adalah sosok penting yang mendesain perangkat tersebut.

“Saya mulai mengoleksi produk antik Apple pada 1995 saat belajar di Duke University. Tapi, minat saya terhadap seluruh produk Apple sudah sejak 40 tahun di Dubai,” kata Grewal.

BACA JUGA:

Telset kutip pada Selasa (31/5/2022), Grewal berujar, perangkat bernomor #89 itu punya hampir semua komponen asli. Mulanya, komputer itu milik seorang eksekutif di di New York.

Peranti milik Grewal kemungkinan merupakan satu-satunya atau satu di antara dua produk Apple pertama yang berada di luar Amerika Utara. Prosesornya Motorola 6502-nya.

Steve Wozniak menandatangani prosesor itu pada 2021 kala bertemu Grewal di Dubai. “Koleksi saya 200 komputer Apple serta berbagai aksesori dan memorabilia,” lanjut Grewal.

Hasil penjualan barang unik itu untuk membuka lebih banyak kesempatan bagi masyarakat guna melihat koleksi Grewal dalam bentuk pop-up exhibition maupun museum.

Lelang rancangan Steve Wozniak milik Grewal akan tayang 10 hari di eBay mulai 2 Juni 2022, pukul 09.00 pagi waktu Pasifik. Tautan lelang ada di situs resmi The APPL Collection.

Lelang Komputer Apple-1 bukanlah baru pertama kali dilakukan, karena sebelumnya juga sudah pernah. Seperti pada 2019 lalu, komputer Apple-1 yang masih berfungsi dilego melalui balai lelang Christie’s di Inggris.

Perangkat tersebut bisa laku terjual dengan harga USD 471 ribu atau lebih kurang Rp 6,7 miliar. Angka tersebut jauh lebih tinggi ketimbang lelang tahap sebelumnya, yang laku USD 210 ribu atau sekira Rp 3 miliar. Namun, jauh sebelumnya, perangkat serupa laku lebih tinggi seharga USD 815 ribu atau Rp 11,7 miliar.

BACA JUGA:

Informasi menyebut bahwa komputer yang dilego di balai lelang Christie’s di Inggris awalnya dimiliki oleh seorang pria bernama Rick Conte pada 1977, tetapi kemudian disumbangkan ke organisasi nirlaba pada 2009.

Pada 2010, komputer itu dibeli untuk koleksi pribadi pada September 2014. Paket penjualannya termasuk sejumlah aksesori berupa tape recorder kaset Panasonic, mikroprosesor Motorola, dan banyak lagi.

Saat ini, diperkirakan masih ada sekitar 80 komputer Apple-1 di seluruh dunia, dari total 200 unit yang diproduksi Apple kala itu. Dari jumlah tersebut, 15 di antaranya berada di museum sebagai barang koleksi langka. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0