NGEHITS

Pencipta Lagu Anak-anak, Sandiah “Ibu Kasur” Tampil di Google Doodle

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Ilustrasi sosok pencipta lagu anak-anak, Ibu Kasur tampil di halaman utama Google Doodle hari ini (16/1/2022). Kehadirannya bertepatan dengan hari ulang tahun Ibu Kasur, sekaligus mengingat sosok dengan nama asli Sandiah tersebut.

Ibu Kasur digambarkan sedang mengenakan baju merah dan dikelilingi oleh anak-anak yang sedang bermain. Google melukiskan suasana gembira tersebut menggunakan efek pensil crayon dengan latar belakang sebuah padang rumput di bawah langit yang cerah.

Google dalam situs resminya menjelaskan, Doodle Ibu Kasur untuk mengenang sekaligus merayakan hari ulang tahun perempuan dengan nama asli Sandiah tersebut yang lahir pada 16 Januari 1926.

“Doodle hari ini merayakan penghibur dan pendidik anak-anak Indonesia Sandiah, yang lebih dikenal sebagai Ibu Kasur oleh para penggemarnya,” kata Doodle.

Dijelaskan Doodle kalau Ibu Kasur banyak berkontribusi pada pendidikan anak-anak, salah satunya sebagai pembawa acara edukasi di televisi bernama Taman Indria.

Baca juga: Google Doodle Tampilkan Ismail Marzuki

“Terkenal sebagai sosok ibu yang sabar dan penyayang, Kasur mengajarkan generasi muda Indonesia nilai-nilai moral dan pelajaran untuk masa depan di berbagai platform—paling terkenal sebagai pembawa acara anak-anak populer Taman Indria,” tambahnya.

Profil Ibu Kasur

Mungkin anak-anak di zaman sekarang tidak mengenal sosok Ibu Kasur, karena ia lebih banyak berkontribusi untuk pendidikan anak di tahun 1960-an hingga 2000-an awal. Ibu Kasur atau dengan nama asli Sandiah lahir di Jakarta tanggal 16 Januari 1926.

Tidak banyak informasi seputar latar belakang pendidikannya, namun namanya mulai dikenal usai menikah dengan Soerjono di Yogyakarta pada 29 Juli 1946.

Bersama suaminya ia aktif memberikan edukasi kepada anak-anak, dan ketika itu pasangan Soerjono dan Sandiah dikenal dengan nama Pak Kasur dan Ibu Kasur.

Semasa hidup, pasangan ini mendirikan Taman Kanak-kanak (TK) Mini di Jakarta pada tahun 1965. TK ini sangat bersejarah karena sistem pendidikannya banyak menjadi rujukan taman kanak-kanak di Indonesia hingga saat ini.

Selain itu, mereka juga tampil di acara Taman Indria yang tayang di TVRI. Dalam acara tersebut Ibu Kasur dan suaminya memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk tampil bernyanyi di televisi. Tidak lupa keduanya tetap memberikan edukasi dan nilai moral bagi anak-anak.

Baca juga: Google Doodle Kenang Sariamin Ismail

Di tahun 1990-an, mereka mendirikan Yayasan Setia Balita dan mendirikan 4 TK yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain fokus di bidang pendidikan, Ibu Kasur juga menciptakan 150 lagu seperti lagu berjudul Kucingku, Bertepuk Tangan dan Main Sembunyi.

Keunikan lagu yang diciptakan Ibu Kasur adalah jarang sekali menggunakan huruf R, supaya anak-anak bisa lebih mudah menyanyikannya. Berkat kontribusinya Ibu Kasur mendapatkan penghargaan dari Presiden Soeharto pada tahun 1988.

Ibu Kasur meninggal pada 22 Oktober 2002, akibat penyakit stroke. Dirinya dimakamkan di samping makam Pak Kasur di Banyumas, Jawa Tengah. (NM/MF)

Leave a Comment