Presiden Jokowi Terapkan PPKM Darurat, Warganet: Lockdown Lagi!

Telset.id, Jakarta – Presiden Jokowi resmi menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 3 – 20 Juli 2021 di Jawa dan Bali. Kebijakan tersebut membuat heboh warganet di media sosial.

Melalui konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (01/7/2021), Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia akan menerapkan PPKM Darurat di Jawa dan Bali mulai 3 Juli 2021.

“Saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat, sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021 khusus di Jawa dan Bali,” kata Jokowi.

{Baca juga: Presiden Jokowi Divaksin Covid-19, Ini Harapan Warganet}

PPKM Darurat diterapkan Pemerintah Indonesia karena kasus Covid-19 yang semakin meningkat. Selain itu karena di Indonesia sudah muncul Covid-19 varian baru seperti varian Delta B1617.2 yang membuat penyebaran Covid-19 semakin cepat.

“Seperti kita ketahui, pandemi Covid-19 dalam beberapa hari terakhir ini berkembang sangat cepat, karena varian baru yang juga menjadi persoalan serius di banyak negara. Situasi ini mengharuskan kita mengambil langkah-langkah yang lebih tegas agar kita bersama-sama dapat membendung penyebaran Covid-19 ini,” ujarnya.

Terakhir Jokowi juga meminta masyarakat untuk tenang dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu masyarakat juga diminta untuk mendukung aturan ini agar penyebaran pandemi Covid-19 bisa ditekan.

“Saya minta kepada seluruh rakyat Indonesia untuk tetap tenang dan waspada, mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada, disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, dan mendukung kerja-kerja aparat pemerintah dan relawan dalam menangani pandemi Covid-19 ini,” tutur Jokowi.

{Baca juga: Gratis Lur! Ini Daftar Lokasi Vaksin Covid-19 di Yogyakarta}

“Dengan kerja sama yang baik dari kita semua dan atas rida Allah Swt., Tuhan Yang Maha Esa, saya yakin kita bisa menekan penyebaran Covid-19 dan memulihkan kehidupan masyarakat secara cepat,” tandasnya.

Warganet Heboh PPKM Darurat 

Kebijakan PPKM Darurat menimbulkan kehebohan di Twitter. Berdasarkan pantauan dari Trends24.in pada Kamis (01/7/2021), kata kunci “PPKM” berada di urutan ketujuh dengan 40 ribu tweet.

PPKM Darurat Jokowi
PPKM Trending Topic di Twitter

Mayoritas ribuan tweet tersebut berisi himbauan supaya masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan selama PPKM Darurat berlangsung, seperti yang dicuitkan oleh akun @Rockslashjeffry.

“Kepada saudaraku khususnya di Jawa & Bali mari kita patuhi dan taat pada peraturan pemerintah mengenai PPKM Darurat yg mulai diberlakukan tanggal 3 Juli – 20 Juli 2021.
Selalu disiplin protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan. Salam sehat,” kata @Rockslashjeffry.

Kemudian ada juga akun @Arielstiyono yang mengungkapkan bahwa PPKM akan berhasil jika protokol kesehatan bisa diterapkan dengan lebih ketat.

“PPKM Darurat esensinya adalah lebih memperketat aturan protokol kesehatan saja. Itu key point-nya,” tulisnya.

Selain mendukung PPKM Darurat, ada juga warganet yang mendukung dengan rasa sedih. Misalnya akun @Septiantii1 yang merasa sedih kepada para pengusaha yang terdampak peraturan pembatasan tersebut.

“Sedih deh, PPKM lagi, mall2 tutup lagi kasian yg pada punya usaha. ya Allah kapan normal lagi ya,” tanyanya @Septiantii1.

Lalu ada juga akun @choichoirunnisa turut sedih karena PPKM Darurat akan berdampak pada pelaku UMKM, khususnya yang berada di mal atau pusat perbelanjaan.

{Baca juga: Daftar Lengkap Lokasi Vaksin Covid-19 di Tangerang Selatan}

“Kita percaya Covid, kita berusaha setahun ini jaga kesehatan. Tapi kalau harus PPKM sampai Mall tutup pasti berdampak jg ke UMKM. Kembali lockdown? Jujur pelaku usaha UMKM sedih bgt krn udh mati2an bertahan selama setahun ini. Kita semua usaha jaga Prokes dan ikut vaksin kok,” tutur @choichoirunnisa.

Semoga saja PPKM Darurat ini dapat diimplementasikan dengan baik oleh Pemerintah dan masyarakat, agar angka kasus Covid-19 di Indonesia bisa berkurang dan pandemi Covid-19 segera berakhir.

Berikut video pernyataan lengkap Presiden Jokowi terkait aturan PPKM Darurat:

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0