NGEHITS

Viral! Pilpres AS Disebut Mirip dengan Pilpres di Indonesia

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Kepala biro ABC News di Amerika Serikat, David Lipson menyatakan bahwa Pemilihan Presiden Amerika Serikat atau Pilpres AS tahun 2020 mirip dengan kondisi politik di Indonesia saat Pilpres 2019 lalu antara Jokowi vs Prabowo. 

Pernyataan David tersebut diungkapkannya melalui akun Twitter miliknya @davidlipson pada Rabu (04/11/2020), dan langsung menjadi viral di media sosial Twitter.

Sebagai jurnalis yang memantau kegiatan Pilpres AS 2020, David menilai kalau persaingan Donald Trump dan Joe Biden di Pilpres AS 2020 mirip dengan kondisi politik di Indonesia. 

{Baca juga: Cuitan Pilpres AS Donald Trump Disensor Twitter, Kenapa?}

Diduga cuitan tersebut adalah penilaian pribadi David yang menilai kalau Pilpres AS mirip dengan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) yang berlangsung di Indonesia. 

“Merasa seperti politik Indonesia rn,” cuit David. 

Cuitan David langsung viral dan mendapat respon dari warganet. Hingga Kamis (05/11/2020) cuitannya mendapatkan 2,4 ribu retweet, sekitar 1,4 ribu tweet kutipan, 5,1 ribu likes dan 2,8 ribu komentar dari warganet. 

Pernyataan David pun mendapatkan beragam komentar. Misalnya saja dari dosen Australian National University, Ross Tapsell melalui akun @RossTapsell. Menurutnya pilpres AS 2020 tidak terlalu mirip dengan pemilu di Indonesia 

Dengan sedikit menyindir, Ross mengatakan kalau kasus Pilpres AS 2020 akan benar-benar mirip jika Donald Trump kalah dan menjadi Sekretaris Pertahanan Joe Biden di jajaran pemerintah Amerika Serikat. 

“Benar. Tapi itu bukan politik Indonesia yang sebenarnya kecuali Trump akhirnya menjadi Sekretaris Pertahanan Biden,” balas @RossTapsell. 

Cuitan David juga mendapatkan komentar dari warganet lainnya. Misalnya saja akun @virani_saaa yang menilai kalau pernyataan David terkesan memuji sekaligus menyindir kondisi politik di Indonesia. 

“Antara guyonan dan pujian hahaha,” cuit @virani_saaa. 

Selanjutnya ada juga akun @Muis____ yang berpendapat kalau cuitan David mengingatkannya pada pilpres 2019 di Indonesia. 

“Saya ingat apa yang terjadi pada pemilihan Presiden Indonesia 2019,” cuitnya.

Terakhir ada juga akun @mhmdfazri23 yang dengan nada bercanda mengaku bangga kalau kondisi politik di Indonesia menjadi panutan negara asing. 

“Jangan heran, negara kita adalah panutan wkwkwk,” cuit @mhmdfazri23. 

Sekedar informasi pasangan Donald Trump dan Mike Pence masih kalah dalam hasil perhitungan suara elektoral sementara Pilpres AS 2020. Trump kalah dari lawannya Joe Biden dan Kamala Harris. 

{Baca juga: Raksasa Teknologi Jorjoran Dukung Joe Biden di Pilpres AS 2020}

Dilansir Telset dari The Guardian pada Kamis (05/11/2020), hasil sementara pasangan Joe Biden dan Kamala Harris unggul dengan 264 suara elektoral. Sedangkan Donald Trump menyusul dengan 214 suara elektoral. 

Walaupun unggul, Joe Biden harus mengumpulkan 270 suara elektoral dari 538 yang diperebutkan. [NM/HBS]

Leave a Comment