Pertama dalam Sejarah, Pesawat NASA Terbang Tanpa Pilot

Telset.id, Jakarta – Pesawat Ikhana milik NASA terlihat seperti pesawat komersial. Namun, ada sesuatu yang janggal di dalamnya. Pesawat tersebut terbang tanpa pilot dan pengawalan.

Ya, untuk kali pertama, pesawat Ikhana terbang di ruang udara publik tanpa pilot dan tanpa pengawalan pesawat pengawal. NASA mendapat izin khusus dari Federal Aviation Administration untuk melakukan uji terbang.

“Penerbangan bersejarah ini membawa Amerika Serikat selangkah lebih dekat ke normalisasi operasi pesawat tanpa awak di ruang udara yang digunakan oleh pilot komersial dan swasta,” kata NASA, dilansir CNET, Rabu (13/6).

Pesawat Ikhana dioperasikan dari jarak jauh oleh pilot di lapangan dan dilengkapi dengan sejumlah sistem berteknologi tinggi yang membantu menavigasi dan menghindari tabrakan udara atau panggilan jarak dekat.

Teknologi tersebut termasuk sistem radar udara dan sistem pemosisian satelit yang menyiarkan posisi Ikhana ke pesawat lain.

Baca juga: NASA Bakal Kirim Helikopter ke Mars

Ikhana lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Edwards di California dan melaju di ketinggian 20.000 kaki (6.100 meter) melalui udara bersama dengan penerbangan komersial.

Pesawat Ikhana kemudian turun ke ketinggian yang lebih rendah bersama dengan pesawat penerbangan umum.

Baca juga: Ingin Jadi Astronot? Ini 5 Tips untuk Masuk NASA

NASA melihat masa depan pesawat tanpa awak yang bisa menangani kebakaran hutan dan menyediakan layanan pencarian dan penyelamatan darurat.

Sebagai informasi, Ikhana adalah bagian dari Integrasi Sistem Pesawat Tanpa Awak milik NASA dalam proyek Sistem Airspace Nasional, yang bekerja dengan aman mengintegrasikan pesawat yang dikemudikan dari jarak jauh ke dalam ruang udara yang sama dengan pesawat komersial.

Sumber: CNET

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0