Ingin Jadi Astronot? Ini 5 Tips untuk Masuk NASA

Telset.id, Jakarta – Apakah Anda punya cita-cita ingin menjadi seorang astronot? Jika iya, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui bagaimana untuk bisa menjadi astronot, dan kriterianya seperti apa. Beruntung, belum lama ini seorang astronot NASA mengungkap kriteria untuk menjadi astronot yang handal.

Seorang astronot dari badan antariksa Amerika Serikat, NASA, Tony Antonelli memberikan beberapa tips untuk bisa menjadi calon astronot yang baik. Ternyata, menjadi seorang astronot tidak sesulit yang sering kali dibayangkan oleh kebanyakan orang.

[Baca juga: Sial! Pria Ini Dipecat karena Pakai Email Kantor]

Nah, ini dia tips yang diberikan untuk bisa menjadi astronot yang diberikan Antonelli yang tim Telset.id rangkum dari laman The Sun berikut ini!

1. Harus Bisa Menjaga Kesehatan

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang astronot yang handal adalah mampu menjaga kesehatan. Ya, NASA menginginkan seorang astronot pekerja keras, namun tetap dapat menjaga kesehatannya.

Pihak NASA mengatakan, percuma saja jika menerima seorang calon astronot pekerja keras dan pintar, tapi tidak bisa menjaga kesehatan mereka. Oleh karena itu, catatan kesehatan menjadi prioritas utama NASA dalam memilih astronot.

Setelah melihat catatan kesehatan, barulah NASA akan melihat catatan kriminal dan lainnya. Jika cocok, maka NASA akan memanggil calon astronot tersebut untuk melakukan wawancara.

2. Bisa Kerja Sama

Jika seseorang sedang melakukan wawancara oleh NASA, maka mereka akan mendengar sebuah pertanyaan ‘andalan’ NASA. Pertanyaan itu adalah ‘Ceritakan mengenai diri Anda’.

Terdengar sangat mudah, namun pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sangat ‘mematikan’. Dalam ilmu psikologi dasar, pertanyaan ini dapat mengungkapkan jati diri Anda yang sebenarnya.

Pihak NASA membutuhkan seseorang yang bisa bekerja sama dengan baik jika berhadapan dengan siapapun. Hal ini dikarenakan astronot akan melakukan penjelajahan dengan orang yang memiliki berbagai kepribadian.

Setelah itu, poin penting lainnya yang menjadi perhatian NASA adalah seorang astronot harus bisa mengambil keputusan yang tepat secara cepat. Hal ini dikarenakan mereka akan menghadapi situasi dimana mereka harus mengambil keputusan tanpa ada orang lain yang dapat membantu di luar angkasa.

3. Tidak Boleh Takut Ketinggian

International Space Station (ISS) atau stasiun luar angkasa internasional memiliki ketinggian 386 KM dari permukaan bumi. Tentu saja, takut ketinggian bukan sebuah hal yang bisa dimiliki oleh seorang astronot.

Akan tetapi, Tony mengaku bahwa dia sebenarnya takut akan ketinggian. Sebelum meluncur saja, dia mengaku sudah harus naik lift setinggi 60 meter untuk masuk ke dalam pesawat luar angkasa.

Namun beruntung, Tony dapat mengatasi ketakutannya akan ketinggian. Bahkan dia sudah dipercaya untuk naik ke ISS sebanyak dua kali.

4. Harus Ingin Selalu Jadi Sorotan

Di ISS, para astronot di pantau oleh kamera selama 24 jam nonstop saat melakukan kegiatan apapun. Oleh karena itu, jika seseorang risih berhadapan di depan kamera, maka pekerjaan ini kurang cocok.

Hal ini menjadi sangat penting bagi astronot, karena NASA dapat memonitor setiap astronot. Jika NASA menemukan sebuah hal yang salah dengan seorang astronot, maka dengan cepat mereka dapat melakukan komunikasi dan memperingatkan astronot.

5. Bisa Tidur Tepat Waktu

Astronot harus bisa tidur tepat waktu saat melakukan misi. Hal ini dikarenakan mereka memiliki jadwal yang padat dan wajib dijalankan secara teratur.

Misal saja, seseorang di bumi bangun pukul 2 pagi untuk melihat kegiatan astronot di ISS. Jika seorang astronot tidak bisa mengikuti jadwal tidur yang tepat, maka bisa saja mereka terlambat untuk bangun dan para pemirsa di bumi akan menunggu terlalu lama.

Nah, itulah tips dari astronot NASA, Toni Antonelli mengenai hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi astronot NASA. Bagaimana menurut Anda? [NC/HBS]

SourceThe Sun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI