telset

Viral! Penipuan dengan Modus Add Yours Challenge Instagram

Telset.id, Jakarta – Tren Add Yours Challenge Instagram memakan korban. Terjadi kasus penipuan, dimana para penipu memanfaatkan tren tersebut untuk menjerat korbannya.

Kasus ini diketahui publik berkat unggahan perempuan bernama Dita Moechtar lewat akun @ditamoechtar_ pada Selasa (23/11/2021). Dita menulis pengakuan dari seorang temannya yang mengaku menjadi korban penipuan.

Berdasarkan pengakuan temannya, penipu menghubungi lewat sambungan telepon dan menyuruh untuk transfer uang. Korban percaya karena penipu memanggil korban dengan nama panggilan korban waktu kecil yakni “Pim”.

Hal ini yang membuat korban mentransfer uang, sebelum akhirnya sadar jika dirinya tertipu. Korban juga ingat kalau sebelum menjadi korban penipuan, dirinya sempat mengikuti Add Yours Challenge di Instagram.

Baca juga: Fitur Baru Instagram Dirilis, Hapus Foto Multiple dan Rage Shake

Saat mengikuti tantangan tersebut, korban memposting beberapa nama panggilannya sejak kecil hingga dewasa. Kemungkinan besar, penipu memantau postingan korban di Instagram, sehingga mengetahui nama panggilannya waktu kecil.

“Pagi td temen sy tlp, nangis2 abis ditipu katanya. Biasalah, penipu yg tlp minta transfer gtu. Yg bikin temen sy percaya, si penipu manggil dia “pim”. “Pim” adlh panggilan kecil tmn sy, yg hanya org deket yg tau. Terus dia inget dia abis ikutan ini,” cuit @ditamoechtar_.

Add Yours Challenge Instagram

Cuitan Dita viral di media sosial. Berdasarkan pantauan tim Telset pada Selasa (23/11/2012), postingan sudah mendapat 21,5 ribu retweet, 5.580 tweet kutipan dan
43,8 ribu likes,  dan 1,6 ribu komentar dari warganet.

Apa itu Tren Add Yours Challenge di Instagram?

Add Yours Challenge Instagram Penipuan

Tren Add Yours Challenge sedang ramai di Instagram. Tren Add Yours bermula dari dirilisnya fitur Add Yours di Instagram Stories. Fitur ini berbentuk stiker sehingga memungkinkan Anda untuk memposting pertanyaan di Stories.

Nanti pengguna lain yang melihat Stories Anda, bisa menjawab dan melakukan apa yang diminta, dengan menekan stiker Add Yours. Lalu stiker Add Yours akan muncul di postingan pengguna, untuk kemudian bisa dilakukan oleh pengguna yang lain lagi.

Pertanyaan yang diminta bermacam-macam. Misalnya Anda bisa meminta pengguna lain memposting foto zaman dahulu atau lagu favorit. Namun, challenge tersebut kerap mengarah pada hal-hal yang sangat pribadi sehingga berbahaya bagi pengguna.

Baca juga: Cara Menambahkan Tautan Link ke Instagram Stories

Seolah melengkapi cuitan dari Dita Moechtar,  ada juga warganet lain dengan akun @GelarPrakosa yang memposting pertanyaan-pertanyaan pribadi yang muncul di Add Yours.

Misalnya meminta nama gadis ibu kandung, tempat tanggal lahir, foto selfie dengan KTP dan alamat rumah. Informasi-informasi yang sifatnya rahasia, yang seharusnya jangan dibagikan ke publik.

Add Yours Challenge Instagram

Tren Add Yours Challenge sejatinya bisa disikapi dengan bijaksana. Kalau pertanyaan sudah mengarah ke hal-hal yang sifatnya pribadi atau rahasia, lebih baik jangan dijawab dan diabaikan saja.

Sumber:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0