Paus Fransiskus Dukung LGBT, Netizen “Ribut” di Twitter

Telset.id,Jakarta-Pernyataan Paus Fransiskus yang mendukung komunitas Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) menuai kontroversi. Di Twitter netizen ribut mengenai pernyataan Paus Fransiskus dan komunitas LGBT.

Kontroversi ini bermula dari film berjudul “Francesco” yang ditayangkan di Festival Film Roma pada Rabu (21/10/2020) kemarin. Film dokumenter mengenai kehidupan sehari-hari Paus Fransiskus tersebut menampilkan pernyataan Paus mengenai komunitas LGBT.

Dilansir Telset.id dari BBC pada Kamis (22/10/2020) melalui film yang disutradari oleh Evgeny Afineevsky tersebut, Paus mengatakan kalau kaum LGBT khususnya homoseksual memiliki hak untuk berkeluarga.

{Baca juga: Paus Fransiskus Serukan Regulasi soal Sistem Pengenalan Wajah}

“Kaum homoseksual punya hak untuk berkeluarga. Mereka adalah anak-anak Tuhan dan memiliki hak atas sebuah keluarga. Tidak ada yang harus dibuang atau dibuat sengsara karenanya,” kata Paus.

Selain itu Paus Fransiskus juga berpendapat kalau perlu ada undang-undang khusus mengenai LGBT supaya komunitasi LGBT lebih terlindungi.

“Apa yang harus kita buat adalah undang-undang serikat sipil. Dengan cara itu undang-undang tersebut dilindungi undang-undang,” tambah Paus.

Pernyataan tersebut ramai ditulis di media massa dan menjadi perbincangan netizen. Netizen ramai membicarakan isu LGBT sehingga LGBT jadi trending topic di Twitter khususnya di Indonesia.

Berdasarkan pantauan Tim Telset.id dari Trends24.in pada Kamis (22/10/2020) kata kunci “LGBT” ramai di Twitter. Total ada 97 ribu tweet yang membicarakan mengenai LGBT di Twitter.

Paus Fransiskus LGBT

Salah satu akun yang membicarakan mengenai Paus Fransiskus dan LGBT adalah @setranalaaaaa. Akun tersebut tidak setuju dengan pernyataan Paus Fransiskus karena dirinya menolak komunitas LGBT.

“gw ga dukung LGBT ato semacam nya. tapi orang-orang yg gay/lesbi pun gamau orientasi sexsual mereka terganggu. boleh ko klian beri pndapat. 1 lagi Paus memang mndukung tpi lo tau apa yg didukung g? Jangan asal ketik. paus mendukung orang” itu biar ga mikir yang aneh” just it darl,” cuitnya.

Selanjutnya akun @SelvianaVhera mencoba menafsirkan pernyataan Paus. Menurutnya Paus tidak memberi izin kepada pasangan sesama jenis untuk menikah di gereja katolik. Paus Fransiskus hanya menyatakan kalau komunitas LGBT punya hak untuk hidup.

“Paus Fransiskus tidak mengijinkan pernikahan sesama jenis di dalam gereja katolik. Maksud dari bapa suci adalah LGBT itu manusia punya hak untuk hidup, untuk merasa dicintai dan diterima bukan malah di diskriminasi dg prilaku tdk berprikemanusiaan,” cuitnya. 

Pernyataan serupa juga dilontarkan oleh akun @mandamandes yang menilai kalau pernyataan Paus Fransiskus memiliki makna kalau tokoh penting di agama kristen katolik tersebut memandang LGBT sebagai manusia yang derajatnya sama dengan manusia lain.

Untuk itu jangan melecehkan atau melakukan diskriminasi terhadap komunitas LGBT karena dianggap memiliki orientasi seksual yang berbeda dengan yang lainnya.

{Baca juga: Paus Minta Facebook dkk Tak Ambil Untung dari Anak-anak}

“Yang gue lihat Paus memamdamg slal LGBT adalah sesama manusia. Dia bersikap netral. Tapi ia memberi ruang. Dia bilang, siapa dia menghakimi kalau anak² ini pun juga anak² yang mencari Tuhan,” cuitnya.

SourceBBC

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -