NASA Pamer Mobil untuk Planet Mars, Mirip “Batmobile”

Batmobile

Telset.id, Jakarta – Di saat segelintir orang di Indonesia masih berdebat tentang bumi bulat atau datar, Amerika Serikat justru sudah meresmikan “mobil ruang angkasa” pertama mereka. Mobil buatan NASA ini rencananya akan bisa membawa orang untuk mengunjungi permukaan planet Mars.

Seperti dilaporkan Daily Mail, badan antariksa Amerika Serikat, NASA baru-baru ini meresmikan kendaraan luar angkasa baru di Kennedy Space Center Visitor Complex. Kendaraan tersebut digadang-gadang akan menjadi kendaraan untuk misi berawak pertama ke Planet Merah tersebut.

Rover ini memiliki enam roda dengan ketinggian mencapai 1,3 meter dan lebar mencapai 75cm yang keseluruhannya terbuat dari serat karbon dan aluminium serta dirancang untuk membawa empat astronot di dalamnya yang akan menjalani misi berawak pertama ke Mars nantinya.

Rover itu sendiri memiliki ukuran panjang mencapai 8,5 meter, lebar mencapai 4 meter dan tinggi mencapai 3,4 meter. Rumornya, mobil luar angkasa tersebut memiliki bobot hingga mencapai 2,2 ton.

“Ini adalah upaya menyeluruh untuk meninjau ke sejarah upaya kita untuk menjelajahi Mars dan melihat ke depan apa yang akan direncanakan,” ujar Rebecca Shireman, Assistant Manager of PR Kennedy Visitor Complex.

Yang menarik dari rover ini karena desainnya yang mirip seperti Batmobile yang ada di film seri Batman Begins, namun dengan ukuran yang jauh lebih besar daripada Batmobile. Perlu diketahui, jika kendaraan luar angkasa ini dibangun oleh Parker Brothers Concepts yang memang mendesain langsung Batmobile.

Batmobile di film Batman Begins mirip dengan mobil luar angkasa buatan NASA (dok. Pinterest)

“Kami membutuhkan waktu 5 bulan untuk membangun kendaraan ini dari November 2016 sampai April 2017,” ucap Marc Parker, Designer dan Builder dari Parker Brothers Concepts.

Ia juga menjelaskan jika kendaraan ini mampu mencapai kecepatan hingga 95 sampai 110 kmh dengan tenaga yang diperoleh oleh mesin bertenaga listrik yang ditopang oleh panel surya dan baterai 700 volt.

Well, jika semuanya rampung dan “Batmobile” buatan NASA ini siap meluncur di planet Mars, maka kita akan bisa melihat misi berawak pertama yang menyambangi Planet Merah tersebut. Kita tunggu saja ya.. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here