telset

Samsung Kembangkan GPU Buatan Sendiri?

Telset.id, Jakarta – Samsung terkenal dengan banyak penelitian dan pengembangan. Beberapa tahun yang lalu beredar kabar bahwa Samsung sedang mengerjakan rancangan GPU sendiri yang akan muncul di ponsel buatanya tahun ini atau berikutnya.

Meski Samsung tidak bisa mencapainya dengan Galaxy S8, info terbaru mengatakan bahwa kini telah dikembangkan GPU yang disebut S-GPU. S-GPU dikabarkan akan muncul di prosesor andalan tahun depan. Infonya berasal dari leakster @IceUniverse yang memasangnya di Weibo.

Samsung telah membuat core custom sendiri untuk chipset Exynos. Exynos 8895 yang hadir di Galaxy S8 dan S8 + misalnya terdiri dari empat 2nd gen kustom core CPU dan empat daya yang efisien core Cortex-A53. Samsung melisensikan ARMv8 ISA dari ARM untuk merancang dan membangun arsitektur mikro untuk inti kustom dari nol.

Meski belum ada rincian belum mengenai S-GPU, disebutkan tahun lalu bahwa NVIDIA dan AMD adalah dua perusahaan yang memiliki mobile graphics IP Samsung yang bisa melisensikannya. NVIDIA membuat salah satu GPU terbaik dan itu terbukti dari SHIELD Tablet dan SHIELD TV-nya.

AMD di sisi lain menjual grafis mobile IP ke Qualcomm yang merupakan GPU Adreno yang terkenal yang memperkuat platform mobile-nya. Mungkin ada IP grafis mobile lain yang tersedia untuk dilisensikan ke Samsung.

Intinya adalah jika Samsung S-GPU didasarkan pada IP grafis dari salah satu dari kedua perusahaan ini, GPU Adreno mungkin telah menemukan saingannya. (MS)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0