telset

Mobil Otonom Google Bisa Kenali Suara Sirine Ambulans

Telset.id, Jakarta – Mobil otonom atau autonomous car pasti dilengkapi beragam teknologi canggih, karena bisa berjalan sendiri tanpa sopir. Seperti contohnya mobil otonom milik Google yang bisa mengenali suara sirene dari kendaraan darurat.

Saat kita mengemudi kendaraan entah itu mobil, motor, truk, dan lainnya, sudah menjadi aturan umum jika ada kendaraan darurat seperti ambulan atau truk pemadam kebakaran yang membunyikan sirine, maka kita harus mengalah untuk memberikan jalan bagi mereka.

Nah, pola seperti itu yang terdapat juga pada autonomous car Google, Waymo. Para teknisi Waymo telah berusaha untuk mengajarkan mobil canggih mereka untuk mendeteksi kendaraan darurat selama beberapa tahun terakhir.

[Baca juga: Gara-gara Kanguru, Sistem Autonomous Car Volvo Bingung]

“Sepanjang siang dan malam, kendaraan kami dilengkapi dengan rangkaian sensor yang kuat untuk mengamati mobil polisi, sepeda motor, ambulan, truk pemadam kebakaran, bahkan beberapa kendaraan yang menyamar yang melewati dan ingin mendahului kami,” jelas pihak Waymo seperti dikutip dari Ubergizmo, Rabu (12/07/2017).

Berkat pelatihan pada software yang ditanamkan pada Waymo, kendaraan pintar ini diklaim mampu mendengar suara sirine dan bahkan mengetahui arah dari suara dari kendaraan darurat agar mampu mengambil keputusan yang jauh lebih aman dan juga pintar.

[Baca juga: Keren! Kampus Ini Sudah Punya Autonomous Shuttle Bus]

Hal itu juga memastikan jika nantinya kendaraan yang bisa beroperasi sendiri tidak akan membahayakan pengguna jalan lain dan juga tidak akan menghalangi laju dari kendaraan yang ada di belakangnya, termasuk kendaraan darurat. Canggih! (FHP/HBS)

SourceUbergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0