Masuk Lelang, Karya Pertama Apple Terjual Rp 1,3 Miliar

Telset.id, Jakarta – Bicara tentang Apple, apalagi selama satu dekade terakhir ini, hal pertama yang terlintas di pikiran kita mungkin hanya satu, yakni iPhone. Padahal, tahukah Anda bahwa karya pertama perusahaan asal Cupertino ini sebenarnya adalah sebuah komputer desktop?

Saat ini, komputer yang diberi nama Apple-1 itu merupakan barang yang amat langka. Tak heran banyak pemburu barang koleksi mengincar benda tersebut. Bahkan, seperti dikutip dari laman Ubergizmo, sebuah rumah lelang di Jerman berhasil menjual komputer itu hingga seharga USD 101,000 atau setara Rp 1,34 miliar. Meskipun harga ini berada di bawah harga perkiraan, yang mencapai USD 320,000 atau setara Rp 4,25 miliar.

Menurut rumah lelang tersebut, yang membuat harga Apple-1 melambung tinggi adalah fakta bahwa benda tersebut masih berfungsi dan dapat digunakan dengan normal seperti halnya saat dia dibuat pada 1976 silam.

Padahal, di beberapa rumah lelang lainnya di seluruh dunia, dimana perangkat serupa juga dijual namun dalam keadaan sudah  tidak bisa dipakai, harga yang didapat cukuplah fantastis

Apple-1 sendiri merupakan buah karya mendiang Steve Jobs bersama temannya Steve Wozniak. Mereka menciptakan Apple-1 di dalam garasi dari kedua tangan mereka sendiri. Kini Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. [NC/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here