Benarkah Media Sosial Memicu Masalah Kejiwaan?

5 aplikasi terbaik

Telset.id, Jakarta – Benarkah menggunakan media sosial dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan jiwa? Sebagian dari kita pasti tidak asing lagi dengan pertanyaan yang satu ini, bukan? Nah, sebuah penelitian dilakukan The Royal Society for Public Health untuk membuktikan kebenaran ini.

Dalam sebuah riset bertajuk Status of Mind, The Royal Society for Public Health meriset pengguna salah satu media sosial kenamaan, yakni Instagram.

Dikutip dari laman Telegraph, riset ini dilakukan kepada 1.479 kaum milienial dengan rentang usia 14 hingga 24 tahun. Usia ini dipilih lantaran di rentang usia inilah pengguna banyak mengakses media sosial, seperti YouTube, Instagram, Facebook, Twitter, Snapchat, dan lainnya.

Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa ada indikasi efek negatif dari penggunaan media sosial terhadap kaum milenial. Mulai dari terpengaruhnya waktu tidur, berubahnya bentuk tubuh, hingga timbulnya kecemasan sosial atau disebut juga fear of missing out (FOMO).

Namun, bukan berarti tak ada efek positif dari penggunaan media sosial itu sendiri. Menurut lembaga penelitian ini lagi, platform media sosial dapat membantu remaja mengekspresikan diri serta menemukan identitas dirinya.

“Platform media sosial itu mestinya membantu remaja saling terhubung satu sama lain, tapi juga berpotensi memicu terjadi gangguan atau krisis kejiwaan,” ujar peneliti dalam laporan tersebut.

Dalam laporan ini juga terlihat bahwa Instagram merupakan media sosial yang memiliki nilai yang paling buruk terhadap dampak negatif bagi penggunanya. Sedangkan YouTube, Twitter, Facebook dan Snapchat mendapatkan nilai yang lebih positif.

Terakhir, The Royal Society for Public Health meminta kerja sama pada para pemilik media sosial untuk membuat peringatan terhadap penggunanya. Isinya merupakan himbauan kepada pengguna terhadap penggunaan media sosial yang berlebih. Yah, seperti kata pepatah, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. [NC/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here