NGEHITS

Berkat Lockdown, Pastor Italia Ini Berhasil jadi Bintang YouTube

Sigit Nugraha

Telset.id, Jakarta – Gara-gara kebijakan lockdown seiring wabah virus corona, Pastor Alberto Ravagnani di Italia menjadi bintang YouTube. Padahal, ia sebelumnya tidak pernah mengakses YouTube.

Menurut New York Post, hanya dalam beberapa bulan terakhir, video pendek imam berusia 26 tahun itu tentang Katolik dan spiritualitas telah mengumpulkan ratusan ribu penonton dan menjadikannya selebriti.

Ravagnani, yang ditahbiskan menjadi pastor di Italia sejak dua tahun lalu, membuat akun YouTube ketika virus corona mulai memukul telak Italia pada awal tahun ini. Gerejanya di luar Milan terpaksa ditutup.

{Baca juga: Kalkulator “Oprekan” Ini Jadi Impian Setiap Siswa}

Seperti dikutip Telset.id, Senin (20/07/2020), ia mulai membuat video lima menit hingga 10 menit dengan judul-judul seperti “Apa gunanya mengikuti misa?” dan “PELATIHAN dan LATIHAN untuk roh Kudus”.

Rasa humor, potongan kamera yang cepat dan relatabilitas, telah mengubah Ravagnani menjadi bintang YouTube bonafid dengan lebih dari 76.000 subscriber, bahkan terus bertambah hingga Kamis lalu.

{Baca juga: Cara Download Playlist Video YouTube Sekaligus, Anti Repot!}

Pastur ini bahkan menantang seorang rapper kondang Italia, Fedez, yang membuat referensi untuk pendeta seks di lagunya baru-baru ini, untuk mendengar pengalaman iman anak-anak di gereja Ravagnani bertugas

“Bersama-sama, kami dapat mengangkat kebaikan yang jauh lebih besar. Saya dengan senang hati mengundang Anda untuk mendengar secara langsung pengalaman anak-anak gereja,” tegas Ravagnani.

Dampak Positif dari Lockdown

Kebijakan lockdown merupakan salah satu langkah untuk mengatasi penyebaran wabah virus corona atau Covid-19. Kebijakan ini mungkin membawa dampak positif bagi sebagian besar pihak.

Misalnya saja, pastor asal Italia, Alberto Ravagnani yang akhirnya sukses menjadi bintang YouTube. Perusahaan pun ada yang meraup untung selama aturan lockdown diberlakukan. Nintendo dan Zoom contohnya.

{Baca juga: Saat Pandemi Covid-19, Orang Bersyukur Ada Animal Crossing}

Nintendo meraih keuntungan dari game Animal Crossing: New Horizons yang populer di konsol Nintendo Switch.

Dalam waktu enam minggu, game tersebut berhasil terjual 13,4 juta kopi dan memecahkan rekor dunia. Padahal, permainan itu tidaklah gratis. Pemain harus membelinya seharga USD 60 atau lebih kurang Rp 890 ribu.

Bagi orang-orang yang melakukan karantina diri selama lockdown, Animal Crossing: New Horizons memang menjadi pilihan untuk tetap terhubung dengan orang-orang.

{Baca juga: Dampak Work From Home, Pengguna Zoom Tembus 300 Juta}

Begitu juga dengan Zoom. Work From Home (WFH) berdampak pada peningkatkan pengguna aplikasi Zoom. Tercatat hingga April 2020 atau kuartal pertama (Q1), pengguna Zoom tembus 300 juta pengguna dari seluruh dunia.

Angka 300 juta tersebut juga menunjukan jika pengguna Zoom naik 10 juta jika dibandingkan pada Desember 2019 lalu. (SN/MF)

Leave a Comment