telset

Liburan Aman dan Nyaman dengan Smartphone Oppo

Telset.id, Jakarta – Liburan selalu menjadi momen yang dinanti oleh kebanyakan orang. Alasannya sederhana, selain membuat badan dan pikiran menjadi fresh, liburan juga bisa membuat orang terbebas dari rutinitas dan ketegangan sehar-hari. Bahkan melupakan permasalahan yang mungkin sempat menghampiri. Tapi, tidak dengan smartphone.

Ini tidak berlebihan. Pasalnya, apakah itu untuk menyimpan tiket dan rencana perjalanan, mengambil foto liburan atau untuk menghibur anak-anak dalam perjalanan panjang, smartphone selalu memiliki caranya sendiri untuk membantu kita saat sedang bepergian, dan bisa diandalkan.

{Baca juga: Tips dan Trik Oppo Reno2: Baterai}

Nah, untuk membuat liburan lebih menyenangkan dan aman, berikut beberapa tips buat Anda para pengguna smartphone, khususnya Oppo.

Optimalkan Baterai

Apalah artinya sebuah smartphone jika tak memiliki daya alias mati. Bukan cuma komunikasi saja yang terganggu, semua rencana bahkan bisa ikutan buyar. Tak ada lagi petunjuk arah, tak ada lagi foto instagrammable, tak ada lagi acara mengabadikan momen selama liburan. Yang ada cuma sebongkah persegi panjang berwarna hitam.

Baterai 4000 mAh yang dibenamkan Oppo di badan Reno2 memang cukup besar. Bisa bertahan selama lebih dari 12 jam bahkan, dalam pengujian. Tapi, ibarat gading yang tak retak, baterai Reno2 juga bukannya tidak akan habis. Karena itu, perlu tetap dijaga agar bisa lebih awet. Bagaimana caranya?

1. Kurangi tingkat keterangan layar (brightness level)

Hal pertama yang bisa Anda lakukan, disamping menggunakan mode power saving adalah mengurangi tingkat kecerahan layar atau brightness level. Di Oppo Reno2, Anda bisa melakukan ini dengan memilih opsi “Display & Brightness” di menu pengaturan. Atau bisa juga dengan swipe ke bawah untuk masuk ke notification center.

2. Hindari penggunaan aplikasi yang menyedot daya

Ketika kita bicara tentang smartphone, selalu ada aplikasi yang menyedot daya paling besar, dan ini adakalanya tak bisa dihindari. Katakan saja media sosial. Apalah artinya liburan tanpa mengakses aplikasi ini.

Tapi Anda bisa menyiasati itu dengan membuat skala prioritas. Sebelumnya, cari tahu dulu aplikasi mana saja yang menguras daya paling banyak dan paling cepat. Caranya dengan masuk ke dalam pengaturan baterai, lalu “Power Usage”. Disini Anda akan diberitahu aplikasi apa saja yang memakan daya paling banyak.

3. Gunakan kabel data dan charger original.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa charger palsu kerap membuat masalah. Karenanya, pastikanlah untuk selalu mengisi ulang daya dengan charger original. Selain lebih aman, proses pengisian juga bisa berlangsung lebih cepat.

Dalam kasus Oppo Reno2, tim Telset.id menguji dan membuktikan betapa cepatnya mengisi ulang daya dengan charger original. Didukung VOOC Flash Charge 3.0, baterai Reno2 bisa terisi dari 5% sampai 90% hanya dalam waktu satu jam, dan 5% sampai 100% dalam waktu 83 menit.

4. Perhatikan tempat pengisian daya

Charger original saja tidak cukup untuk membuat smartphone bisa terisi dengan cepat, Anda juga perlu memastikan bahwa pengisian ulang baterai itu dilakukan di tempat-tempat dengan kondisi listrik yang stabil. Ketidakstabilan listrik dapat mempengaruhi performa baterai dan memperpendek umur baterai.

Pastikan Kapasitas Memori Terjaga

Mengabadikan dan merekam momen seperti telah menjadi keharusan ketika kita sedang bepergian. Entah itu untuk dibagikan kepada keluarga dan teman atau disimpan. Karena itu, penting untuk menjaga agar kapasitas memori tetap tercukupi. Pun, meski smartphone seperti Oppo Reno2 boleh dibilang sudah cukup mumpuni dalam urusan penyimpanan, dengan RAM 8GB dan ROM 256GB.

But hei, mana tahu terlalu banyak momen yang ingin kita simpan. Untuk memastikan kapasitas memori tetap terjaga, Anda bisa melakukan hal-hal ini:

1. Mengatur manual kualitas pixel foto menjadi lebih rendah agar lebih banyak kapasitas penyimpanan yang tersisa.

2. Aktifkan fitur Oppo Cloud, yang bisa Anda temukan di menu pengaturan.

Amankan data pribadi

Tidak ada yang lebih menyebalkan dari kehilangan smartphone di saat liburan. Pasalnya, bukan saja sebongkah persegi panjang berwarna hitam yang hilang, tetapi memori, kenangan, uang, dan data pribadi Anda yang lain ikut terancam. Kebayang, jika ini kemudian disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

{Baca juga: Catat! 3 Hal Ini Maksimalkan Pengalaman Main Game Android Kamu}

Untuk meminimalisir resiko ini, Anda bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan, diantaranya:

1. Beri password di aplikasi dan data yang penting

Di Oppo Reno2, Anda bisa melakukan ini dengan ‘mendatangi’ menu Fingerprint, Face & Password. Bukan saja akses ke dalam smartphone yang bisa dilindungi, tetapi juga ke aplikasi. Caranya, cukup pilih opsi “Privacy Password”, lalu aktifkan Privacy Password.

Setelah membuat password, langkah berikutnya memilih pertanyaan keamanan. Apakah itu nama Ibu, nama sekolah atau lainnya, yang juga bisa Anda atur sendiri.

Jika sudah, tahap selanjutnya adalah meluncur ke opsi “App Lock”. Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin dikunci. Katakan saja Gmail, tap di aplikasi, lalu geser toggle ke kanan untuk mengaktifkan password. Dan voila… Anda akan diminta memasukkan password saat ingin membuka email.

2. Aktifkan fitur Find My Device 

Fitur yang bisa ditemukan di “Device & Privacy” di menu pengaturan ini memungkin Anda mendeteksi dan melindungi Oppo Reno2 dari pencurian data. Dengan fungsi Find My Device, Anda dapat meminimalisir kemungkinan bocornya informasi pribadi dengan menggunakan fungsi “hapus semua data”, “ubah password kunci layar”, “kunci layar” dan “matikan beberapa fotur kunci layar”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0