NGEHITS

Lagu Janet Jackson Ini Bisa Bikin Laptop Rusak, Kok Bisa?

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta – Lagu Janet Jackson bergenre dance-pop produksi 1989 berjudul “Rhythm Nation” ternyata membahayakan. Lagu itu bisa merusak hard drive laptop.

Lagu Janet Jackson tersebut mempunyai frekuensi aneh. Temuan mengenai hal itu disampaikan oleh pengembang Windows lama, Raymond Chen, melalui blog pribadi.

Terkadang, sebuah lagu bergema begitu dalam sehingga menggerakkan Anda. Kadang pula, sebuah lagu bergema sehingga membuat hard drive laptop Anda mogok.

Chen menceritakan kisah seorang rekan yang selama pengujian laptop di pabrikan komputer besar menemukan bahwa video Rhythm Nation akan merusak gadget.

BACA JUGA:

Namun demikian, seperti Telset kutip dari Gizmodo, Jumat (19/8/2022), dampak tersebut hanya menyasar model laptop tertentu dan berlaku untuk semua merek.

“Satu penemuan selama penyelidikan adalah bahwa memutar video musik juga membuat beberapa laptop rusak, termasuk keluaran produsen lain,” demikian tulis Chen.

Lagu Janet Jackson tersebut, dijelaskan Chen, ternyata mengandung satu frekuensi resonansi alami untuk model hard drive laptop 5400 rpm yang banyak digunakan.

Dengan kata lain, lagu “Rhythm Nation” memiliki frekuensi yang mengakibatkan hard drive laptop bergetar hingga rusak sehingga membutuhkan waktu untuk diperbaiki.

Perbaikan tampaknya termasuk menempatkan filter di penerima audio komputer yang akan mendeteksi dan menghapus frekuensi sebelum masuk pemrosesan.

Sekadar informasi, “Rhythm Nation” adalah lagu andalan di album studio keempat seorang Janet Jackson yang dirilis pada 19 September 1989 oleh A&M Records .

Jackson bersikeras membuat album konsep yang membahas masalah sosial. Ia berkolaborasi dengan penulis lagu dan produser rekaman Jimmy Jam dan Terry Lewis.

BACA JUGA:

Jackson mendapat inspirasi dari berbagai tragedi yang dilaporkan melalui media berita mengenai eksplorasi rasisme, kemiskinan , sampai penyalahgunaan zat.

Meski konsep utama tentang utopia sosiopolitik mendapat reaksi beragam, komposisinya mendapat pujian kritis. Jackson dianggap sebagai panutan kaum muda. [SN/HBS]

 

Leave a Comment