Kurangi Konsumsi Gadget pada Anak dengan 6 Cara Ini

4. Ciptakan zona bebas gadget

Ruang tidur adalah satu zona di dalam rumah yang semestinya memang tidak melibatkan kehadiran gadget. Banyak efek buruk yang ditimbulkan gadget di ruang tidur, dimana Anda semestinya menggunakan waktu untuk istirahat tapi kenyataannya seringkali tersita percuma hanya gara-gara Anda sibuk scrolling layar ponsel Anda naik turun.

5. Berikan daftar pekerjaan rumah

Mempercayakan anak-anak Anda untuk mengerjakan pekerjaan rumah seperti membersihkan kamar tidurnya, mencuci piring setelah makan, merapikan meja makan, menyiram tanaman di kebun, membuang sampah dari dalam rumah ke luar.

Daftar pekerjaan rumah ini bukan hanya akan membuat anak memiliki kegiatan rutin selama di rumah, tapi juga membuat mereka mengerti akan tanggung jawab mereka sebagai salah satu anggota keluarga.

Kelak jika mereka dewasa pun, kebiasaan-kebiasaan ini tidak akan hilang dari kehidupan mereka. Bonusnya, waktu mereka untuk bermain gadget pun otomatis akan berkurang.

6. Habiskan momen berharga dengan anak

Hasil gambar untuk bersama anak

Jangan salahkan anak-anak jika mereka lebih sering menghabiskan waktu dengan gadget mereka selama Anda masih sibuk dengan pekerjaan dan mengesampingkan mereka. Habiskanlah lebih banyak waktu dengan anak-anak dan itu bisa dengan berbagai cara.

Misalnya, mengobrol menanyakan bagaimana pengalaman mereka hari itu di sekolah atau merencanakan perjalanan singkat untuk menghabiskan akhir pekan. [WIN/HBS]

 

 

 

 

1
2
Previous articleHelios Gandeng Microsoft Luncurkan Layanan Cloud
Next articleStudi: Game Kekerasan Tidak Bikin Anak Jadi Beringas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here