Kreatif, Server Ini Juga Bisa Jadi Mesin Penghangat

Nerdalize

Telset.id, Jakarta – Pernah melihat ruangan yang berisi banyak server sebagai data center dari perusahaan? Jika pernah tentu Anda tahu jika ruangan tersebut harus memiliki suhu yang ekstra dingin untuk menormalkan suhu server yang boleh dibilang menjadi “sumber panas”.

Tentu satu hal yang langsung kita pikirkan mengenai server atau data center adalah budget yang mahal entah itu untuk membeli server-nya, membuat ruangan khusus yang dingin, dan lainnya.

Tapi ada satu perusahaan asal Belanda yang memiliki ide kreatif untuk menyimpan server mereka sekaligus memberi keuntungan bagi masyarakat banyak. Adalah Nerdalize yang membuat server dengan kemampuan tambahan, yakni sebagai penghangat ruangan. Fungsi ini tentunya sangat berguna bagi keluarga yang sedang menghadapi musim dingin atau musim hujan.

[Baca juga: Teknologi Ultrasonic akan Gantikan Sistem Pengering Jadul]

Dilansir dari Digital Trends, server buatan Nerdalize ini adalah salah satu contoh dari simbiosis mutualisme versi teknologi. Karena Nerdalize dapat memangkas biaya untuk pusat server mereka hingga 50 persen karena server akan ditaruh di rumah yang rela disimpan server oleh perusahaan tersebut.

Sedangkan bagi rumah “relawan”, mereka mendapat keuntungan yakni bisa menghemat hingga $340 atau sekitar Rp 4,5 juta karena mereka bisa mendapatkan mesin penghangat yang bisa berfungsi sebagai penghangat ruangan, shower air panas, dan lainnya.

[Baca juga: Unik! Gelang Ajaib Ini Ubah Gerakan Jadi Alat Musik]

“Inovasi ini dapat mengurangi konsumsi energi rumah tangga dan juga mengurangi energi yang dibutuhkan untuk mendinginkan server,” jelas pihak Nerdalize.

Server ini sendiri rencananya akan segera dipasangkan pada 42 rumah di Belanda sebagai uji coba. Jika berjalan dengan baik, maka server buatan mereka secara resmi memiliki tugas tambahan yakni sebagai mesin pemanas yang memberikan keuntungan bagi keluarga. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here