Bukan Roket, Mantan Insinyur NASA Malah Bikin Klakson Mobil

Klakson terbaik

Telset.id, Jakarta – Pernah kesal mendengar klakson mobil yang nadanya terdengar provokatif? Ya, meski yang menekan klaskon mungkin tidak bermaksud begitu, tapi entah kenapa terkadang klakson mobil yang kita dengar terasa mengganggu dan terkadang “menaikkan” tensi darah pengendara di depannya.

Melihat kondisi itu, seorang YouTuber merancang secara khusus sebuah klakson mobil yang terdengar “lebih bersahabat”. Perancang klakson mobil ini adalah Mark Rober, seorang insinyur yang pernah bekerja di badan antariksa Amerika Serikat, NASA.

“Klakson standar sangat ‘one-dimensional‘ dan tidak memberi tahu pengemudi lain apa maksud Anda membunyikan klakson,” kata Rober di channel YouTube-nya.

[Baca juga: Facial Recognition, Teknologi Baru Boarding Pass di Bandara]

Untuk itu, Rober pun menciptakan klakson mobil yang memiliki tiga suara. Klakson pertama adalah “Courtesy Honk”, yang menurut Rober mampu membunyikan klakson bernada tinggi. Bunyi suara klakson ini bermaksud mengingatkan pengemudi lain untuk fokus pada jalan di depan, atau mengingatkan jika lampu hijau telah menyela tanpa terdengar “terlalu marah”.

Klakson selanjutnya adalah klakson yang terdengar seperti suara alien. Meski terdengar bunyinya agak aneh, tapi bunyi klakson ini dimaksudkan untuk “berinteraksi” dengan orang ketika mereka kelupaan sesuatu, seperti lupa menutup pintu mobil, dan lainnya.

Klakson terakhir yang dia perkenalkan berbanding terbalik dengan dua klakson sebelumnya. Klakson ini memiliki suara yang cenderung sangat keras mirip klaskon truk atau kereta. Menurutnya, klakson itu ditujukan untuk para remaja yang tidak terlalu memperhatikan jalan saat mereka menyeberang jalan.

[Baca juga: NASA Siapkan Proyek Untuk Jelajah Atmosfer Matahari]

“Seperti saat dua remaja yang menyeberang jalan di depan mobil Anda sambil bermain fidget spinner dan tanpa mempedulikan Anda,” ucapnya.

Well, apakah benar klakson hasil rancangan Rober ini cukup manjur untuk mengingatkan pengemudi lain atau pejalan kaki tanpa harus terdengar “provokatif” atau marah”? Silahkan Anda menilainya dan memberikan komentar. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here