Komputer Jadul Apple-1 Laku Miliaran Rupiah di Balai Lelang

Apple-1

Telset.id, Jakarta – Awal bulan ini, komputer Apple-1 yang masih berfungsi dilego melalui balai lelang Christie’s di Inggris. Perangkat tersebut digadang bisa laku terjual dengan harga USD 630 ribu atau sekitar Rp 9 miliar.

Akan tetapi pada akhirnya, menurut laporan 9to5mac, seperti dikutip Telset.id, Selasa (28/05/2019), komputer Apple-1 klasik itu terjual USD 471 ribu atau lebih kurang Rp 6,7 miliar. Angka tersebut jauh lebih tinggi ketimbang lelang tahap sebelumnya.

Beberapa waktu lalu, seperangkat komputer Apple-1 juga dilelang dengan harga laku USD 210 ribu atau sekira Rp 3 miliar. Namun, jauh sebelumnya, perangkat serupa laku lebih tinggi seharga USD 815 ribu atau Rp11,7 miliar.

{Baca juga: Komputer Jadul Apple-1 Laku Miliaran Rupiah di Lelang}

Informasi menyebut bahwa komputer yang dilego di balai lelang Christie’s di Inggris awalnya dimiliki oleh seorang pria bernama Rick Conte pada 1977, tetapi kemudian disumbangkan ke organisasi nirlaba pada 2009.

Pada 2010, komputer itu dibeli untuk koleksi pribadi pada September 2014. Paket penjualannya termasuk sejumlah aksesori berupa tape recorder kaset Panasonic, mikroprosesor Motorola, dan banyak lagi.

{Baca juga: Komputer Bersejarah Apple-1 Terjual Rp 5,5 Miliar}

Saat ini, diperkirakan masih ada sekitar 80 komputer Apple-1 di seluruh dunia, dari total 200 unit yang diproduksi Apple kala itu. Dari jumlah tersebut, 15 di antaranya berada di museum sebagai barang koleksi langka.

Sebagai tambahan, penjualan komputer Apple-1 di balai lelang Christie’s di Inggris sepaket pula dengan salinan perjanjian personal antara Ronald G Wayne dengan Steve Jobs dan Steve Wozniak serta salinan perjanjian pendanaan.

Sumber: 9to5Mac

Previous articleCerita Dibalik Warna Gradasi Oppo F11, Jewerly White
Next articleHarga Huawei P30 Pro Anjlok jadi Rp 1 Jutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here