Harga Huawei P30 Pro Anjlok jadi Rp 1 Jutaan

Harga Huawei P30 pro
Huawei P30 Pro

Telset.id, Jakarta – Embargo Huawei yang dilancarkan pemerintahan Amerika Serikat yang dikomandoi Donald Trump mulai mempengaruhi harga dari smartphone Huawei. Seperti contohnya  harga Huawei P30 Pro anjlok hingga 90%, meski smartphone tersebut masih terbilang baru dengan kondisi yang bagus.

Di salah satu situs trade-in populer di Inggris, harga P30 Pro dengan kondisi yang baik hanya dibanderol USD 130 atau setara Rp 1,8 jutaan kepada pemilik yang ingin menjualnya.

Di situs yang sama, sebagai perbandingan, Samsung Galaxy S10+ dengan kondisi yang baik dijual sekitar USD 650 atau Rp 9,3 jutaan. Harganya turun cukup tajam sekitar 45%, namun terbilang harga yang baik.

{Baca juga: Huawei Siapkan Sistem Operasi Pengganti Android, Ini Namanya}

Seri sebelumnya, P20 Pro bahkan jauh lebih parah. Dilaporkan, smartphone ini hanya dibanderol dengan harga 50 pounds atau setara dengan Rp 910 ribuan.

Anjloknya harga smartphone Huawei tidak hanya terjadi di Inggris, tapi juga meluas ke pasar global, termasuk Asia. Harga jual smartphone besutan brand asal China ini merosot tajam dibandingkan dengan harga awalnya.

Bahkan, beberapa toko ritel enggan membeli smartphone Huawei bekas, meski ditawarkan dengan harga yang jauh lebih rendah.

“Pelanggan juga menjauh, dengan penjualan smartphone yang menurun tajam,” jelas Straits Times, dikutip dari Forbes, seperti dilansir pada Selasa (28/05/2019).

{Baca juga: Huawei Ditinggal ARM, Nasib P30 Pro dkk Terancam?}

Sekadar informasi, Kasus pemblokiran Huawei oleh sejumlah perusahaan teknologi penting makin pelik saja. Setelah Google, Intel, dan Qualcomm, kini perusahaan asal China itu ditinggal oleh perancang chip, ARM.

Semuanya terjadi setelah Amerika Serikat melarang perusahaan asal AS untuk melakukan bisnis dengan Huawei tanpa izin dari pemerintah. Huawei sendiri mengomentari masalah ini. Mereka mengakui tekanan akibat dari keputusan yang diakibatkan oleh masalah politik. (FHP/HBS)

Sumber: Forbes

Previous articleKomputer Jadul Apple-1 Laku Miliaran Rupiah di Balai Lelang
Next articleTelkomsel Raih Penghargaan “Most Innovative Approach to Mobile Security”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here