Kocak! Astronot Ini Pernah Hubungi 911 dari Luar Angkasa

Hubungi 911

Telset.id, Jakarta – Andre Kuipers, astronot asal Belanda, punya pengalaman konyol saat berada di luar angkasa. Ia mengaku, pernah tak sengaja hubungi 911 dari luar angkasa. Sekadar informasi, 911 adalah layanan darurat Amerika Serikat (AS).

Kuipers mengaku kala itu ia sedang berusaha untuk melakukan komunikasi dengan John Space Center Badan Antariksa AS alias NASA di Houston. Lantaran panggilan dari antariksa, maka untuk mengontak alamat tersebut ia harus menekan angka 9.

“Menekan angka 9 diikuti 011 yang merupakan panggilan internasional. Di luar angkasa, saya dalam kondisi terapung sehingga sulit untuk menekan angka-angka tersebut,” bebernya, seperti dikutip Telset.id dari Newsweek, Kamis (03/01/2019).

{Baca juga: Siswa Pilot Lakukan Pendaratan Darurat Lalu Kencing di Pinggir Jalan}

Akibat situasi yang serba sulit, ia pun malah memencet angka 911. Beruntung, ia tak langsung terhubung ke 911. Baru keesokan harinya, astronot berusia 60 tahun itu mendapat e-mail berisi konfirmasi telah menghubungi nomor darurat 911.

“Perangkat komunikasi saya memang langsung mengeluarkan sistem peringatan ke Houston. Staf darurat lalu mengecek stasiun mana yang menghubungi Bumi. Saya sedikit kecewa karena mereka tidak segera muncul,” katanya bermaksud guyon.

{Baca juga: Salah Kirim Foto, Bocah Bikin Pesawat Mendarat Darurat}

Menurut Kuipers, astronot yang sedang berada di stasiun luar angkasa punya kemungkinan 70 persen bisa menelepon menggunakan bantuan satelit. Tentu, ada tantangan yang harus dihadapi ketika tengah menelepon dengan kontak tujuan.

“Perbincangan via saluran luar angksa selalu ada jeda sehingga pihak yang saya hubungi sering menutup telepon. Untuk menyiasatinya, saya bakal langsung berbicara segera setelah terdengar nada sambung di perangkat,” tutup Kuipers. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here