telset

Kisah Cinta Kapten Pierre Tendean dan Rukmini Bikin Netizen Baper

Telset.id, Jakarta – Kisah cinta yang tragis antara Kapten Anumerta Pierre Andreas Tendean dan Rukmini Chaimin rupanya bikin netizen baper.

Bagaimana tidak, sebelum Kapten Pierre Tendean meninggal dunia, pasangan tersebut berencana ingin melangsungkan pernikahan.

Gambaran kisah cinta antara Kapten Pierre Tendean dan Rukmini dibuat dalam bentuk video berdurasi 50 detik yang diunggah akun @repvblikvideo pada Rabu (30/9/2020).

Video tersebut menampilkan Kapten Pierre Tendean sebagai sosok yang tampan dan disukai oleh banyak perempuan. Ia hanya mencintai Rukmini walaupun harus menjalani hubungan jarak jauh antara Jakarta dan Medan.

{Baca juga: Nonton Kisah Pahlawan Revolusi, Ini Link Streaming Film G30S/PKI}

Ketika itu, Kapten Pierre Tendean berada di Jakarta karena bertugas sebagai ajudan Jenderal AH Nasution. Sementara Rukmini masih tinggal bersama keluarga di Medan, Sumatera Utara.

Mereka pun tetap berhubungan dengan saling mengirimkan surat dan berencana untuk membawa hubungan mereka ke jenjang pernikahan.

Demi mewujudkan impian tersebut, Kapten Pierre Tendean rela bekerja sampingan sebagai sopir traktor pembangunan Monas demi menambah biaya pernikahan.

Setelah uang terkumpul pada 31 Juli 1965, ia pun melamar sang kekasih. Keduanya juga semakin dekat ke pelaminan.

Sayangnya, rencana tersebut kandas. Pada tanggal 30 September 1965, Kapten Pierre Tendean harus gugur akibat kekejaman PKI.

Malam itu simpatisan PKI mengunjungi kediaman Jenderal AH Nasution untuk menculiknya. Tetapi, Jenderal AH Nasution bersembunyi dan simpatisan PKI mengira Kapten Pierre Tendean merupakan sosok jenderal yang mereka targetkan.

Akhirnya, Kapten Pierre Tendean dibawa ke Lubang Buaya, Jakarta Timur untuk disiksa dan dibunuh di tempat tersebut.

Setelah kematian tersebut, Kapten Pierre Tendean dan para korban lain yang berasal dari kalangan jenderal dan perwira diangkat sebagai pahlawan revolusi.

Kisah cinta Kapten Pierre Tendean dan Rukmini membuat netizen baper. Akun @indra_HT  mengatakan bahwa sang kapten merupakan orang yang setia karena rela berangkat jauh-jauh ke Medan untuk mengunjungi kekasih.

{Baca juga: Masyarakat Upacara Online untuk Peringati Hari Kesaktian Pancasila}

“LDR beda kota dan agama, sang capt. Sering ke medan ketika libur/cuti dulu semasa sekola juga sering di catcalling, krn satu2nya londo dan pinter pula. Bapak suruh masuk FK Ui, ibu mau masuk teknik sipil ITB dia mau masuk tentara. orangny sopan,” cuitnya. 

Selanjutnya, akun @itsmeamrth yang mengatakan kisah cinta mereka sangat menyedihkan karena berakhir tragis.

“Siapa yg taro bawang disini,” cuitnya. 

Akun @nabilaselalubnr bahkan merasa cemburu dengan Rukmini karena berhasil meluluhkan hati Kapten Pierre Tendean yang semasa hidup menjadi sosok idaman perempuan karena wajahnya yang tampan.

“Aku cemburu banget sama Rukmini!!!! Tendeanku,” cuit @nabilaselalubnr. 

Ada juga netizen yang memposting foto pahlawan revolusi tersebut semasa hidup. Tampak Kapten Pierre Tendean adalah sosok memiliki wajah blasteran dengan hidung mancung dan mata bulat.

Wajah tersebut didapat karena Pierre masih memiliki keturunan Belanda dari ibunya yang bernama Maria Elizabeth Cornet.

“Damai di surga,” cuit @florakays. 

(NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0