Masyarakat Upacara Online untuk Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Upacara Online Hari Kesaktian Pancasila

Telset.id, Jakarta – Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober diperingati oleh masyarakat Indonesia secara online. Alhasil, tagar #harikesaktianpancasila pun menjadi trending di Twitter.

Masyarakat berlomba-lomba memposting kegiatan upacara online mereka yang diselenggarakan pemerintah untuk mengenang pahlawan revolusi.

Berdasarkan pantauan tim Telset.id dari Trends24 pada Kamis (1/10/2020), tagar #harikesaktianpancasila menduduki peringkat kedua topik yang paling sering dibicarakan netizen Indonesia.

Hari Kesaktian Pancasila

Melalui tagar ini, mereka mengunggah kegiatan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dapat diikuti secara online. Upacara sendiri tentu saja digelar berdasarkan protokol Covid-19 di Indonesia.

{Baca juga: Nonton Kisah Pahlawan Revolusi, Ini Link Streaming Film G30S/PKI}

Walaupun dilakukan secara online, upacara masih diselenggarakan secara khidmat. Misalnya saja akun @irwanjatmiko yang mengikuti upacara dari Tasmania, Australia. Sambil mengenakan seragam, Irwan mengikuti upacara di depan layar televisi.

“Mengikuti upacara #harikesaktianpancasila 2020 dari @tasmania @Australia @BKNgoid,” cuit @irwanjatmiko. 

Selain Irwan, akun @keripik_pisang_ turut mengikuti upacara online melalui laptop. Ia mengunggah foto selfir sembari melihat prosesi upacara untuk mengenang pahlawan revolusi yang gugur akibat kekejaman PKI.

“Selamat #HariKesaktianPancasila,” cuitnya. 

Tak ketinggalan akun @obomscoot. Sambil mengenakan seragam sekolah, ia mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Museum Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

“Kapan lagi upacara bareng sama presiden coba kann #harikesaktianpancasila,” cuitnya. 

Perlu diketahui, upacara online ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Presiden memimpin dari Museum Pancasila Sakti dan disiarkan melalui stasiun televisi dan streaming YouTube di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini memiliki tema “Indonesia Berlandaskan Pancasila”. Hari Kesaktian Pancasila diselenggarakan untuk mengenang para jenderal dan perwira yang meninggal akibat kekejaman PKI.

Ketujuh pahlawan revolusi itu adalah Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal Raden Soeprapto, Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono, Mayor Jenderal Siswondo Parman, dan Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan.

Kemudian ada juga Brigadir Jenderal Sutoyo Siswodiharjo dan Lettu Pierre Andreas Tendean. Semuanya diculik, disiksa, dan dibunuh secara kejam oleh simpatisan PKI di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur pada 30 September 1965.

{Baca juga: Netizen Ramai Laporkan Suara Dentuman Misterius di Jakarta}

Pemerintah Indonesia pun memberikan gelar pahlawan revolusi kepada mereka dan  mengeluarkan Keputusan Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan Jenderal Soeharto (Kep/B/134/1966).

Keputusan yang ditulis dalam surat tertanggal 29 September 1966 memerintahkan, Hari Kesaktian Pancasila dilakukan setiap tanggal 1 Oktober dan diikuti oleh seluruh angkatan bersenjata dan masyarakat Indonesia. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here