Kecanduan Smartphone, Pemuda Ini Kena Serangan Jantung

Telset.id, Jakarta – Pemakaian smartphone yang berlebihan dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan pengguna. Di China, seorang pemuda mengalami serangan jantung akibat kecanduan smartphone alias terlalu lama bermain ponsel pintar.

Dilansir Telset.id dari World of Buzz pada Sabtu (28/09/2019), pemuda bernama Ah Wah di Zhejiang, China mengalami serangan jantung akibat terlalu banyak bermain smartphone dan tidak melakukan aktifitas fisik.

Kejadiannya pada 8 September 2019 lalu. Pemuda berusia 21 tahun itu sedang berbaring di tempat tidur asrama sambil bermain smartphone-nya. Namun tiba-tiba Ah Wah tiba-tiba merasakan tekanan besar di dadanya yang membuatnya merasa seperti tercekik dan dia tidak bisa bernapas.

{Baca juga: Gara-gara Smartphone, Mata Anak ini Harus Dioperasi}

Teman-teman Ah Wah yang melihatnya langsung memanggil ambulans. Sekitar 10 menit kemudian, ambulans datang dan membawa Ah Wah, yang beratnya hampir 90 kg, ke mobil. Paramedis juga memberikan pertolongan pertama tetapi Ah Wah tiba-tiba kehilangan kesadaran.

Tiba di rumah sakit, Ah Wah yang tidak sadar dan diduga menderita penyakit pernafasan dan serangan jantung. Dokter pun menggunakan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) selama 10 menit dan para dokter menghela napas lega ketika jantung Ah Wah mulai berdetak lagi.

Tetapi mereka kembali cemas karena detak jantung Ah Wah tidak menentu dan tekanan darahnya rendah. Dokter spesialis pun akhirnya turun tangan untuk memulihkan kembali kondisi Ah Wah. Ternyata terdapat banyak gumpalan darah di arteri pulmonalisnya, yang menghalangi saluran keluar jantungnya.

{Baca juga: Kecanduan Smartphone, Anak Ini Kena Rabun Jauh Parah}

Para dokter segera memberikan obat antikoagulan kepada Ah Wah. Dia akhirnya bangun dan  berterima kasih kepada para dokter karena menyelamatkan hidupnya. Dokter menyatakan bahwa Ah Wah menderita emboli paru-paru, karena kurang gerak dan gaya hidup tak sehat.

Ternyata Ah Wah memang malas keluar kamar karena kecanduan smartphone dan bermain game. Dia bahkan akan meminta teman sekamarnya untuk membeli makanan untuknya karena malas untuk keluar. [NM/HBS]

Previous articleIklan Menipu, Google Hapus 46 Aplikasi di Play Store
Next articleTak Ada Fitur Multiplayer di Game The Last of Us 2  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here