Karyawan Facebook Dipecat karena ‘Ngintip’ Wanita

Fitur Keyword Snooze

Telset.id, Jakarta – Facebook baru saja memecat seorang karyawan yang bertugas sebagai security engginer, lantaran diduga menggunakan akses di perusahaan untuk menguntit atau mengintip wanita secara online.

Aksi karyawan yang tidak disebutkan identitasnya ini terungkap setelah seorang konsultan cybersecurity, bernama Jackie Stokes yang mendapat salinan percakapan dalam sebuah aplikasi perjodohan Tinder.

Perempuan pemilik akun twitter @find_evil ini kemudian memposting screenshot berisi percakapan yang ia temukan itu di akunnya. “seorang insinyur keamanan yang saat ini bekerja di Facebook kemungkinan menggunakan aksesnya untuk menguntit wanita online.”

Dalam screenshot percakapan yang belum diverifikas itui, karyawan tersebut mengaku dirinya sebagai “penguntit profesional” yang mencari peretas dalam kehidupan nyata.

Dalam sebuah pernyataan, Kepala Keamanan Perusahaan Facebook Alex Stamos mengatakan, perusahaan dengan cepat melakukan penyelidikan dan langsung memecat orang tersebut.

Dikatakan Alex, setiap orang yang mengakses data yang bersifat sensitif selalu tercatat dan perusahaan memiliki sistem otomatis yang dirancang untuk mendeteksi dan mencegah penyalahgunaan.

“Karyawan yang menyalahgunakan kontrol ini akan dipecat,” katanya.

Insiden ini terjadi saat Facebook sedang menghadapi kekhawatiran global terkait privasi data pribadi. [BA/HBS]

 

Sumber :

nbcnews.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here