telset

Jerman Cabut Larangan Video Game Bersimbol Nazi

Telset.id, Jakarta – Dunia, khususnya warga Jerman, sempat heboh dengan sebuah games yang memperlihatkan lambang Nazi. Tapi kini badan pengatur perangkat lunak Jerman telah mencabut larangan peletakan simbolisme Nazi di video game yang dijual dan diunduh di negara tersebut.

Badan Pengaturan Diri Perangkat Lunak Hiburan, kelompok pemeringkat industri yang dikenal sebagai USK, mengumumkan pada Kamis bahwa permainan termasuk simbol terlarang sekarang boleh dijual.

Namun demikian, penjualan harus dengan rating yang sesuai jika simbolisme melayani tujuan artistik atau ilmiah atau digunakan dalam konteks historis.

Perubahan tersebut terjadi setelah video game Wolfenstein II: The New Colossus dirilis tahun lalu untuk menjadi perdebatan. Game itu menggambarkan alam semesta alternatif di mana Nazi Jerman memenangkan Perang Dunia II.

Baca juga: Game Ini “Didaur Ulang” karena Pajang Lambang Nazi

Untuk versi yang dijual di Jerman, kumis penuaan Adolf Hitler dihapus secara digital dan swastika di spanduk diganti dengan simbol yang mirip tetapi berbentuk segitiga.

Versi permainan Jerman lainnya pun telah diedit untuk mencegah penggambaran tanda tangan dan ikonografi Nazi. Undang-undang di Jerman melarang publik menampilkan simbol Nazi memang belum diubah. Namun, interpretasi industri video mereka telah dikecualikan dengan alasan seni.

Baca juga: Fortnite Versi Android Tak Tersedia di Google Play Store

“Melalui perubahan dalam penafsiran hukum, permainan kritis untuk pertama kalinya diberi peringkat oleh USK,” kata kata direktur pelaksana USK Elisabeth Secker, dilaporkan ABCNews.

Asosiasi Industri Games Jerman mengatakan, video game, sebagai media budaya, akan diperlakukan sama di Jerman dengan bentuk seni dan media lainnya.

Belum lama ini, sebuah game karya Epic Games juga dipaksa mengubah desain bangunan dalam games Fortnite, setelah seorang gamer menemukan logo Swastika di game petualangan itu.

Pengguna akun EuBestCityEu, memposting di Reddit, mengaku bahwa dia dan beberapa temannya sedang berada di lantai metal dalam games Fortnite. Tiba-tiba, ia terkejut karena menemukan sesuatu di dalam games yang ia mainkan.

Fortnite merupakan survival game yang akan memberikan kesempatan bagi para gamer untuk bisa mengeksplorasi wilayah, mengumpulkan bahan baku, merakit senjata, dll.

Rupanya postingan EuBestCityEu di Reddit dilihat oleh pengembang Epic Games dan selanjutnya berjanji untuk memperbaikinya. [BA/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0