Jam Tangan Apple Selamatkan Wanita dari Tumor Ganas

Telset.id, Jakarta – Jam tangan Apple atau Apple Watch telah membantu menyelamatkan nyawa seorang wanita di Maine, negara bagian Amerika Serikat.

Jam tangan Apple milik wanita itu mengeluarkan peringatan fibrilasi atrium yang mengarah ke jalan yang berakhir dengan operasi tumor yang mematikan.

Seperti dilansir New York Post, pada akhir Mei 2022 lalu, Kim Durkee yang sudah berusia 67 tahun menerima banyak notofikasi dari Apple Watch miliknya.

BACA JUGA:

Telset kutip pada Rabu (20/7/2022), jam tangan pintar itu memperingatkan bahwa jantung Durkee mengalami fibrilasi atrium atau denyut jantung tak teratur.

Setelah mengabaikan hasil dalam dua malam pertama, Durkee merasa angka pada malam ketiga agak terlalu tinggi. Ia pun mulai merasa kurang nyaman.

Masih tidak mempercayai pemberitahuan itu, Durkee berkata kepada diri sendiri. “Pergilah ke ruang gawat darurat rumah sakit,” demikian pengakuan Durkee.

“Apabila tenaga medis dan dokter memberi tahu Anda tidak ada yang perlu dikhawatirkan, maka segara lemparkan jam tangan pintar tersebut,” tambahnya.

Dokter ternyata mengonfirmasi bahwa detak jantung Durkee tidak menentu. Durkee divonis oleh dokter punya myxoma atau tumor jinak (non- kanker).

Sekadar informasi, myxoma dimulai dari lapisan jantung. Jenis tumor langka itu diketahui tumbuh cepat dan dapat menyempitkan suplai darah ke jantung.

Durkee kemudian mengatakan kepada dokter telah mengetahui ada gejala myxoma berkat bantuan jam tangan Apple. Ia pun lantas segera menjalani operasi.

Pada 27 Juni 2022, di Rumah Sakit Umum Massachusetts, tumor empat sentimeter diangkat dari tubuh Durkee setelah lima jam operasi jantung terbuka.

Setelah 11 hari di rumah sakit, ia kembali ke rumah untuk melanjutkan proses pemulihan. “Saya merasa menjadi orang yang sangat beruntung,” papar Durkee.

Apple Watch telah berulang kali membantu pengguna yang mengalami persoalan kesehatan. Apple Watch memberi notifikasi terkait penyakit yang diabaikan.

BACA JUGA:

Maret 2022, seorang dokter gigi di India menggunakan fungsi EKG setelah merasa tidak nyaman di bagian dadanya. Ternyata, arterinya mengalami penyumbatan.

Fitur lain jam tangan Apple juga berkali-kali membantu menyelamatkan nyawa, termasuk deteksi jatuh yang biasanya mengarah ke diagnosis kanker paru-paru.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0