Italia Lockdown, Lumba-lumba & Angsa Kembali ke Kanal Venesia

Kanal Venesia

Telset.id, Jakarta  – Italia sedang lumpuh total akibat pemberlakuan kebijakan lockdown. Kota fashion itu nampak sepi dari manusia yang biasa lalu-lalang. Namun ada pemandangan menarik, lumba-lumba dan angsa nampak kembali ke Kanal Venesia.

Sejak pemberlakuan lockdown di Italia, warga di negara tersebut menetap di rumah guna meminimalisasi dampak penyebaran virus corona atau Covid-19.

{Baca juga: Polusi Udara Italia Membaik Selama Lockdown Virus Corona}

Social distancing atau jarak sosial menjadi solusi paling efektif untuk mengurangi kontak antar-manusia. Maklum, angka penderita corona di Italia sudah terlalu membebani sistem layanan kesehatan.

Namun, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Kamis (19/3/2020), ada hikmah dari pemberlakuan lockdown di Italia. Polusi udara seketika berkurang drastis. Kanal-kanal di Venesia pun kembali seperti dulu.

Penduduk lokal dan turis dengan gondola tak lagi tampak di sana. Akibatnya, air tampak lebih jernih karena sedimen tidak diaduk oleh gondola. Angsa dan lumba-lumba mulai muncul di perairan kota wisata tersebut.

Perubahan itu tidak terlalu mengejutkan. Sebab, negara lain yang menerapkan kebijakan serupa juga mengalami peningkatan lingkungan secara umum. Ambil contoh di China, tingkat polusi udara turun secara drastis.

Efek serupa juga terjadi di Italia. Hasil rekaman Badan Antariksa Eropa menunjukkan ada penurunan nitrogen dioksida dalam dua bulan terakhir. Wajar bila angsa dan lumba-lumba muncul lagi di kanal-kanal Venesia.

{Baca juga: Virus Corona Merebak, Polusi Udara di China Turun Drastis}

Bagaimana dengan Indonesia? Sejauh ini, pemerintah belum menerapkan kebijakan lockdown meski angka kematian gegara virus corona terus meningkat dari hari ke hari. Meski demikian, warga mengurung diri di rumah. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here