Viral! Konspirasi Sup Panas Tangkal Virus Corona

Sup Panas Tangkal Virus Corona

Telset.id, Jakarta  – Penyebaran wabah virus corona di kota Utrecht, Belanda, sangat cepat. Di tengah kepanikan warga diserang virus mematikan itu, banyak warga kota mendapat pesan WhatsApp tentang sup panas tangkal virus corona.

Pada hari Minggu (15/3/2020) pagi, wabah virus corona di kota Utrecht, Belanda, menyebar begitu cepat, dengan menginfeksi lebih dari 60 orang dalam waktu kurang dari satu jam.

{Baca juga: Virus Corona Merebak, Polusi Udara di China Turun Drastis}

Tak berapa lama, beredar pesan WhatsApp yang juga tak kalah cepatnya “menginfeksi” banyak orang di kota tersebut.

Pesan itu memberitahu orang untuk minum sup panas guna menangkal virus corona. Pesan ini kontan langsung viral di WhatsApp. Diklaim sup panas tangkal virus corona, dengan cara meminumnya dan menahan napas selama 15 detik.

Menurut laporan Reuters, seperti dikutip Telset.id, Kamis (19/3/2020), pesan konspirasi tersebut dibagikan antara teman dan kerabat hanya dalam hitungan menit, bertentangan dengan saran resmi dari medis.

Ivonne Hoek (63) mengaku menerima pesan soal sup panas dari seorang temannya setelah pukul 11.00. Pesan itu, kata teman Ivonne, merupakan kiriman dari seorang tetangga yang bekerja di rumah sakit.

Karena khawatir, ia segera meneruskannya kepada dua anaknya. Dengan mengklik satu tombol pada pukul 11.36, putranya, Tim, kemudian mengirimkannya ke seluruh tim Frisbee yang beranggotakan 65 orang.

“Saya mungkin tidak akan memperhatikan hal tersebut jika melihatnya dari orang asing di akun Facebook. Tetapi, saya sangat mempercayai ibu saya,” terang pria 35 tahun itu kepada Tim van Caubergh.

{Baca juga: Australia Capai Langkah Besar untuk Temukan Vaksin Virus Corona}

Krisis virus corona telah menewaskan hampir 9.000 orang di seluruh dunia dan mengancam kesengsaraan ekonomi bagi jutaan orang lain. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO turun tangan untuk mengatasinya. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here