5 Ilmuwan Muslim yang Berhasil Mengubah Dunia

Ilmuwan Muslim

Telset.id, Jakarta – Bicara tentang ilmuwan dunia, sebagian dari kita mungkin akan langsung tertuju pada nama-nama beken, seperti Albert Einstein, Isaac Newton, dst. Tapi sebenarnya banyak ilmuwan muslim yang mungkin juga harus Anda ketahui.

Selama ini kita hanya mengenal nama-nama ilumwan, seperti Albert Einstein, Isaac Newton, Galileo Galilei, atau Charles Darwin. Kesemuanya adalah ilmuwan-ilmuwan yang temuannya mengubah dunia, dan semuanya berasal dari dunia Barat.

Lalu, apa tidak ada ilmuwan yang berasal dari dataran Arab, ilmuwan muslim, misalnya?

Meski jarang diekspos, sebenarnya banyak pula lho ilmuwan Islam yang turut berperan dalam perkembangan sains. Temuan mereka bahkan tidak kalah keren dibandingkan ilmuwan-ilmuwan Barat.

Nah, mau tahu siapa saja ilmuwan muslim hebat yang telah berhasil mengubah dunia berkat temuannya? Ini dia 5 diantaranya:

Jabir Ibnu Hayyan

Jabir Ibnu Hayyan

Jabir bin Hayyan lahir pada sekitar 100 H atau 721 M di Khurasan Nama lengkapnya adalah Abu Musa Jabir bin Hayyan Al-Shufiy Al-Azadiy. Sumber lain menyebutnya sebagai Abu Abdullah Jabir bin Hayyan.

Ilmuwan muslim besar ini dikenal sebagai “The Father of Modern Chemistry”, atau Bapak Kimia Modern. Jabir dikenal sebagai seorang ahli dibidang kimia, farmasi, fisika, filosofi dan astronomi. Namun penemuan terbesarnya adalah dalam bidang kimia.

Keahliannya di bidang kimia ini didapatnya saat ia berguru pada Barmaki Vizier, pada masa pemerintahan Harun Ar-Rasyid di Baghdad. Penemuan Jabir dibidang kimia sangat berpengaruh, dan masih menjadi acuan hingga sekarang.

Dia mampu mengubah persepsi tentang berbagai kejadian alam yang pada saat itu dianggap sebagai sesuatu yang tidak dapat diprediksi, menjadi ilmu sains yang lebih bisa dimengerti dan dipelajari oleh manusia.

Dia mengembangkan teknik eksperimentasi sistematis di dalam penelitian kimia, sehingga setiap eksperimen dapat direproduksi kembali. Jabir mengatakan bahwa kuantitas zat berhubungan dengan reaksi kimia yang terjadi, sehingga bisa dikatakan Jabir telah merintis ditemukannya hukum perbandingan tetap.

Beberapa penemuan Jabir diantaranya adalah: asam klorida, asam nitrat, asam sitrat, asam asetat, teknik distilasi dan teknik kristalisasi. Dia juga yang menemukan larutan aqua regia (dengan menggabungkan asam klorida dan asam nitrat) untuk melarutkan emas.

Berkat kejeniusannya, ia berhasil mengaplikasikan pengetahuannya di bidang kimia kedalam proses pembuatan besi dan logam lainnya, serta pencegahan karat. Dia juga menjadi orang yang pertama mengaplikasikan penggunaan mangan dioksida pada pembuatan gelas kaca.

Jabir juga yang pertama kali mencatat tentang pemanasan wine akan menimbulkan gas yang mudah terbakar. Berkat penemuannya inilah yang kemudian memberikan jalan bagi Al-Razi menemukan etanol.

Jabir bin Hayyan meninggal pada tahun 815. Dia telah menghasilkan banyak penemuan besar, dan juga membuka jalan bagi ilmuwan sesudahnya untuk menghasilkan penemuan-penumuan ilmiah yang masih digunakan hingga sekarang, khususnya dibidang kimia.

1
2
3
4
5
Previous article10 Tips Jualan Online di Instagram Biar Laris Manis
Next article5 Headphone Termahal di Dunia, Harganya Bikin Geleng Kepala

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here