Heboh Video Ponsel Terbakar di Mall Emporium, Hoaks!

Ponsel terbakar hoaks

Telset.id, Jakarta – Di media sosial sedang ramai membicarakan video pendek ponsel terbakar di Mall Emporium Pluit Jakarta Utara. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah mengklairifikasi bahwa video tersebut hoaks alias berita bohong.

Dilansir Telset.id dari laman resmi Kominfo pada Sabtu (09/11/2019), masyarakat dihebohkan dengan beredarnya video seseorang yang terbakar di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta.

Video tersebut diunggah ke Facebook dengan penjelasan bahwa orang tersebut terbakar akibat ponsel miliknya terbakar saat dilakukan pengisian daya dengan power bank.

“Kejadian di mall Emporium Pluit brusan kejadian ngecas hp pake powerbank taruh di kantong… perhatian bagia semua orang,” demikian tulisan yang disebar dalam video tersebut di media sosial

Video Ponsel Terbakar Cuma Hoaks?

Kominfo pun melakukan penyelidikan. Hasilnya diketahui video tersebut hanyalah hoaks. Kejadian sebenarnya adalah seorang pria berusia 30 tahun membakar dirinya di pintu masuk hypermarket Marjane Agadir Maroko pada 3 Juni 2018 lalu.

Video Ponsel Terbakar di mall emporium

Dengan begitu, Kominfo menyatakan jika kasus ponsel terbakar di Mall Emporium adalah hoaks. Pihak Kominfo meminta masyarakat untuk tidak langsung percaya pada video yang disebar di media sosial.

{Baca juga: Waduh! iPhone 6 Milik Bocah 11 Tahun Terbakar Sendiri}

“Jadi semua hal yang menyatakan tentang charge ponsel dengan powerbank terbakar di Mall Emporium itu tidak benar atau hoaks,” ujar Plt. Kabiro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu.

Kasus ponsel terbakar dan meledak memang bukan kasus yang baru di Indonesia. Oktober 2018 lalu masyarakat juga digegerkan oleh kasus  terbakarnya ponsel Vivo V5 di Papua.

Saat itu, Tim Telset.id langsung menghubungi korban, dan akhirnya berhasil mendapat penjelasan tentang kronologis peristiwa tersebut dari istri korban bernama Novie. Novie mengungkapkan, bahwa yang menjadi korban adalah suaminya bernama Abdul Amin.

{Baca juga: Bukan Hoaks! Cerita Korban Soal Kronologis Meledaknya Vivo V5}

Peristiwa ini dialami oleh suaminya Abdul Amin di Manokwari, Papua pada Minggu (21/10/2018) pagi, pukul 4.00 WIT. Saat itu, Abdul baru saja selesai melakukan penggilan telepon, dan kemudian dia meletakkan ponsel Vivo V5 miliknya di atas kasur.

Tak berapa lama, mereka mendengar ada bunyi ledakan kecil dan tiba-tiba ponsel Vivo V5 milik suaminya terbakar dengan mengeluarkan banyak asap. [NM/HBS]

Sumber: Kominfo, Moroccoworldnews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here