Harus Dicoba! Ini 5 Situs Berbagi Video Pesaing YouTube

Telset.id, Jakarta – YouTube tidak diragukan lagi adalah tempat terbaik bagi mereka yang ingin menonton video-video menarik dari seluruh dunia. Tapi apakah cuma YouTube? Tidak, karena sebenarnya selain YouTube, ada juga beberapa situs berbagi video yang tak kalah bagusnya.

Selain sebagai sarana hiburan, YouTube juga menjadi tempat para konten kreator atau Youtubers untuk mendulang uang dari hasil hasil karya mereka yang publish di YouTube.

Di Indonesia kita mengenal sosok Raditya Dika, Chandra Liow dan juga Cameo Project yang terkenal dengan konten-konten yang menghibur. Tetapi YouTube bukan tanpa cela. Layanan berbagi video itu pernah mengalami masalah, seperti yang baru saja terjadi pada 17 Oktober 2018 lalu.

Kejadian ini mungkin bisa membuat Anda khawatir ketika mengunjungi situs tersebut dan tak dapat dibuka. Lantas apakah ada situs berbagi video yang bagus selain YouTube? Sebenarnya YouTube bukan satu-satunya situs berbagi video.

Dari hasil penelusuran, sebenarnya ada beberapa situs berbagi video yang bisa Anda akses untuk mendapatkan konten menarik, yak tak kalah menarik dengan YouTube. Nah, kali ini Tim Telset.id sudah merangkum situs berbagi video yang layak Anda coba. Ini dia 5 situs tersebut:

1. Dailymotion

Situs ini kabarnya merupakan pesaing dari YouTube untuk kategori situs berbagi video. Dailymotion adalah situs yang memberi ruang kepada konten kreator amatir ataupun professional untuk mempublikasikan video mereka. Dailymotion sendiri berdiri sejak 15 Maret 2005. Dibuat oleh Benjamin Bejbaum dan Oliver Poitrey dan memiliki kantor pusat di Paris, Perancis.

Rupa Dailymotion sendiri mirip dengan YouTube. Mereka memberikan akun kepada penggunanya dan jika Anda memiliki akun Dailymotion dapat membagikan video serta mengikuti akun lain untuk melihat konten orang-orang dari belahan dunia.

Dalam keterangannya pihak Dailymotion mengklaim jika memiliki 300 juta pengguna dari seluruh dunia dan video di website mereka menghasilkan 3,5 miliar view di setiap bulannya.

                                         

2. Twitch.Tv

Situs ini cocok bagi Anda yang merupakan gamers sejati.  Ini adalah situs layanan video yang memungkinkan Anda untuk mengunggah, melakukan live streaming, melalui konsol Xbox dan PlayStation 4 ke ribuan pemirsa di waktu itu juga atau real-time.

Twitch sendiri merupakan perusahaan startup yang berbasis di San Fransisco AS.  Awalnya situs tersebut bernama Justin.tv yang didirikan oleh Justin Kan dan beberapa temannya pada tahun 2007. Justin.tv mendapat apresiasi yang bagus di Amerika Serikat dan pada tahun 2011 Justin memperkaya kontennya dengan membuat situs yang bernama Twitch. Alhasil Twitch laku keras.

Twitch sendiri bahkan menjadi kanal buat para gamers untuk memperlihatkan aksi mereka di dunia maya. Disana kita akan mengenal akun loltyler1, scump dan xQcOW yang sering bermain secara langsung dan membagikannya di Twitch.

ahkan pada Asian Games 2018 di Jakarta, para pengguna Twitch dapat melihat langsung aksi atlet E-Sports yang menjalani pertandingan eksibisi di Jakarta. Saat ini  Twitch memiliki 45 juta pengguna aktif dari berbagai dunia dan mungkin terus bertambah seiring perkembangan E-Sports di dunia.

3. 9GagTv

Ini kabar gembira bagi Anda yang menyukai video lucu dan menghibur situs ini wajib Anda kunjungi. 9GagTv merupakan bagian dari 9Gag yang merupakan situs komedi buatan Ray Chan Marco Fung, Brian Yu, dan Derek Chan pada tahun 2008.

9GagTv terbagi menjadi 4 kanal yakni FUN OFF, NSFW, WTF, WOW dan Movie & TV yang muatan kontennya berbeda-beda. Menurut penelusuran, situs FUN OFF berisi video orang-orang yang melakukan cover lagu dan adegan video. Uniknya alih-alih terlihat hebat orang-orang yang melakukan cover lagu malah terlihat lucu.

Selain itu ada juga kanal WOW yang berisi eksperimen unik seperti video orang melempar bola bowling dari ketinggian 45 meter ataupun orang mengunakan hula hoop yang besar.

9GagTv memang memberikan alternatif bagi Anda untuk melihat video lucu dari 9Gag yang terkenal dengan konten-konten menghibur. Sayangnya 9GagTv kontennya dianggap terlalu sensitif bagi anak-anak, karena ada adegan-adegan kekerasan dan sedikit seksi.

4. meTube

meTube adalah situs berbagi video yang didirikan oleh MNC Media milik Hary Tanoesoedibjo. Situs ini resmi diluncurkan pada 29 Januari 2016 dan sudah banyak video yang dibagikan disana. Selain berbagi video, meTube juga menyediakan layanan streaming acara televisi.

Melalui meTube Anda bisa menyaksikan secara langsung acara atau sinetron di Stasiun TV seperti RCTI, MNCTV, Global TV, dan iNews Tv. Pada tahun 2017 aplikasi meTube sudah diunduh hingga 100 ribu pengguna. meTube juga pernah mendapat ID Website Award 2016 untuk kategori hiburan.

5. Vimeo

Vimeo didirikan pada November 2004 oleh dua sosok wirausahawan Amerika Serikat bernama Jake Lodwick dan Zach Klein. Nama Vimeo digagas oleh Jake sebagai plesetan dari kata video and me. Kata Vimeo juga merupakan anagram dari movie.

Jake Lodwick adalah seorang teknisi software, entrepreneur dan investor. Ia lahir di Baltimore, Maryland dan kuliah di Rochester Institute of Technology. Sedangkan Zach Klein, juga seorang wirausaha di bidang internet yang merupakan  Lulusan dari Wake Forest University. Dua tahun kemudian Vimeo  dibeli oleh perusahaan IAC/InterActiveCorp pada tahun 2006.

Vimeo sendiri memiliki opsi keanggotaan baik yang gratis dan berbayar. Secara konten Vimeo menyerupai dengan YouTube dan Vimeo terkenal untuk menampilkan film-film top serta serial televisi. Sayangnya Vimeo juga penuh kontroversial. Pada tahun 2012 pemerintah India pernah memblokir situs tersebut dan membuka kembali pada tahun 2014.

Pemerintah Indonesia juga telah memblokir Vimeo pada Mei 2014. Ketika itu Menkominfo Tifatul Sembiring beralasan karena Vimeo banyak mengandung konten-konten negatif. Hingga kini pun Vimeo belum mendapat restu dari Kominfo untuk tayang di Indonesia. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

  1. lol itu aplikasi bukan lawan youtube, lawan berat youtube itu youku, di china youtube di gempur sampai tepar, view youku itu milyaran count.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here