Tanggal Penjualan Perdana Konsol Steam Deck, Gamer Wajib Beli!

Telset.id, Jakarta – Lama dinantikan kehadirannya oleh para gamer, Valve akhirnya mengumumkan penjualan perdana Steam Deck akan digelar pada tanggal 25 Februari 2022.

Menurut blog resmi Steam, pelanggan yang telah melakukan reservasi sebelumnya akan mendapatkan email pada hari itu dan memiliki waktu tiga hari untuk segera melakukan pemesanan.

Dilansir dari The Verge pada Senin (31/1/2021), Valve juga mengatakan bahwa mereka akan merilis batch baru setiap minggu. Meskipun pihak Valve tidak menyebutkan berapa banyak unit yang tersedia di tiap batch-nya.

Valve mengatakan bahwa pesanan yang dilakukan pada tanggal 25 Februari saat penjualan perdana Steam Deck, unitnya akan mulai dikirimkan pada tanggal 28 Februari.

Baca Juga: Game Ini Tidak Bisa Dimainkan di Steam Deck

“Unit pertama akan dikirimkan ke pelanggan mulai tanggal 28, dan kami berencana untuk merilis batch email pesanan baru dengan irama mingguan,” tulis Valve.

Sebelum memasuki penjualan perdana Steam Deck, konsumen yang melakukan reservasi harus menyetorkan deposito sebesar USD 5 atau sekitar Rp 70 ribuan. Sementara jika konsumen membatalkan pemesanan, uang tersebut akan langsung dikembalikan.

Uji Benchmark Steam Deck

Beberapa waktu yang lalu, Tom’s Hardware membagikan hasil uji benchmark dan review Steam Deck dengan memainkan 4 game berbeda, seperti Shadow of the Tomb Raider, Doom, Cyberpunk 2077, dan DOTA 2.

Tes ini menjalankan game dalam pengaturan yang berbeda (High-Low-Custom) untuk melihat apakah konsol ini berhasil mencapai frame rate tinggi.

Dalam preset grafis tertinggi, Shadow of the Tomb Raiders menghasilkan 36 FPS yang cukup stabil. Perlu dicatat bahwa ini sudah lebih baik daripada kebanyakan konsol generasi terakhir.

Baca Juga: Review Benchmark Steam Deck

Menurunkan preset sedikit, frame rate melonjak ke 60 FPS. Pengujian menunjukkan bahwa hampir tidak ada lag saat menggunakan pengaturan grafis tertinggi yang tersedia pada 30 FPS.

DOOM Bethesda menghasilkan hasil yang serupa dengan frame rate stabil di sekitar 60 FPS pada pengaturan medium. Namun, setelah meningkatkan grafisnya, frame rate turun menjadi 46 FPS.

Hasil yang tak kalah mengejutkan datang dari game DOTA 2. Game MOBA populer ini bisa dimainkan hingga menembus 80 FPS yang stabil pada pengaturan low dan mencapai 47 FPS pada pengaturan grafis tertinggi.

Baca Juga: Game Terbaik di Best of Steam 2021

Cyberpunk 2077 adalah salah satu game paling menarik saat dilakukan pengujian. Game ini menuai kontroversi karena banyaknya bug yang mengganggu permainan dan tidak sesuai ekspektasi gamers.

Saat mencoba memainkan game besutan CD Projekt Red ini di preset pengaturan tertinggi, Steam Deck sanggup menjalankan game antara 20 dan 30 FPSk. Menurut para penguji, game ini berjalan sangat lancar. (HR/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0