telset

Gunakan “Drone Bercakar”, Seekor Anak Anjing Berhasil Diselamatkan

Telset.id, Jakarta- Seorang insinyur bernama Milind Raj berhasil menyelamatkan seekor anak anjing menggunakan drone yang dilengkapi dengan “cakar raksasa”. Semuanya berawal ketika Raj sedang berjalan-jalan pagi di kawasan New Delhi, India.

Saat itu tiba-tiba dia mendengar suara hewan yang sedang merintih. Lantas, ia kemudian mencari sumber suaranya dan menemukan seekor anak anjing terjebak di sebuah saluran air di antara dua jalan raya.

Saat ditemukan, kondisi anak anjing itu sangat memilukan. Penduduk setempat bahkan mengatakan bahwa anak anjing ini sudah menangis selama dua hari di saluran air tersebut.

“Warga tidak mencoba menyelamatkan anjing itu karena salurannya sangat kotor. Itu tidak mungkin bagi manusia untuk menyelamatkan anak anking tanpa membahayakan nyawa mereka sendiri,” kata Raj, seperti dikutip dari The Verge, Minggu (06/05/2018).

Baca Juga: Upss! Drone Rekam Hantu di Kastil Tua

Akhirnya, Raj memutuskan untuk menolong anak anjing ini dengan merakit drone yang dipasangkan dengan lengan robot menyerupai cakar dengan sensor pembaca detak jantung dan pola pernapasan di bagian bawahnya. Hebatnya, hanya butuh beberapa jam saja bagi Raj untuk menyelesaikan drone yang juga disematkan sistem berbasis Artificial Intelligence (AI) di dalamnya.

Padahal, ia mengaku sama sekali tidak memiliki pengalaman di bidang AI ataupun robotik. Meski begitu, ia merasa tertantang untuk membuat drone bercakar ini agar mampu menyelamatkan anak anjing tanpa membuatnya terluka.

“AI membantu saya memantau denyut jantung hewan. Jika cengkeramannya terlalu ketat, anak anjing itu akan mati lemas,” katanya.

Baca Juga: Drone Penyelundup Smartphone Terciduk di Shenzhen

Ia mengaku, drone yang memiliki enam baling-baling tersebut sudah dia rakit sekitar dua tahun lalu. Sedangkan, cakar yang digantung pada drone ia ciptakan khsusus untuk penyelamatan ini di laboratoriumnya di kota Lucknow.

“Anak anjing itu mengalami trauma dan karenanya dia tidak banyak bereaksi, sehingga saya bisa melakukan manuver di sekitar leher anak anjing dan dengan aman cakar mencengkram badannya,” katanya.

Setelah berhasil menyelamatkannya, Raj langsung memutuskan untuk mengadopsi anak anjing malang tersebut dan memberinya nama Lifted. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0